Era Industri 4.0: Tantangan dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia

Muhammad, Yahya Era Industri 4.0: Tantangan dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia. eprint.unm.ac.id. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
ERA INDUSTRI 4.0- TANTANGAN DAN PELUANG PERKEMBANGAN PENDIDIKAN KEJURUAN INDONESIA .pdf

Download (718kB) | Preview

Abstract

Sejarah revolusi industri dimulai dari industri 1.0, 2.0, 3.0, hingga industri 4.0. Fase industri merupakan real change dari perubahan yang ada. Industri 1.0 ditandai dengan mekanisasi produksi untuk menunjang efektifitas dan efisiensi aktivitas manusia, industri 2.0 dicirikan oleh produksi massal dan standarisasi mutu, industri 3.0 ditandai dengan penyesuaian massal dan fleksibilitas manufaktur berbasis otomasi dan robot. Industri 4.0 selanjutnya hadir menggantikan industri 3.0 yang ditandai dengan cyber fisik dan kolaborasi manufaktur (Hermann et al, 2015; Irianto, 2017). Istilah industri 4.0 berasal dari sebuah proyek yang diprakarsai oleh pemerintah Jerman untuk mempromosikan komputerisasi manufaktur.

Item Type: Other
Subjects: FAKULTAS TEKNIK
FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Otomotif
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Prof. Yahya Muhammad
Date Deposited: 03 Apr 2018 01:46
Last Modified: 21 May 2018 03:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6456

Actions (login required)

View Item View Item