Pengembangan metode blended learning synchronous berbasis localhost pada mata pelajaran simulasi digital

MAHMUD, RAHMAT (2017) Pengembangan metode blended learning synchronous berbasis localhost pada mata pelajaran simulasi digital. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
JURNAL.docx

Download (154kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (i) Mengembangkan metode blended-learning synchoronous yang berjalan didalam aplikasi LMS pada sebuah laptop sebagai server localhost dan aplikasi xampp sebagai web server yang dapat diakses melalui laptop/netbook atau smart phone dengan menggunakan koneksi wireless pada mata pelajaran simulasi digital (ii) Menguji apakah metode blended learning synchoronous berbasis localhost yang dikembangkan valid, praktis dan efektif digunakan di SMK (iii) Mengetahui apakah metode blended learning synchoronous berbasis localhost yang dikembangkan direspon positif oleh peserta didik dan pendidik. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode pengembangan yang mengacu pada model pengembangan pendidikan umum yang dikemukakan oleh Tjeerd Plomp. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas XTKJ-02, dan XTKJ-03 serta XTKJ-04 SMK Telkom Makassar yang ditentukan secara convenience sampling. Data-data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data validitas dari segi media dan materi, data keefektifan dari hasil belajar peserta didik melalui pretest dan posttest, data kepraktisan dari tanggapan pendidik dan peserta didik melalui angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) Metode blended learning synchoronous yang dikembangkan melalui lima fase yaitu : fase investigasi awal, fase desain, fase realisasi,fase tes,evaluasi, dan revisi, serta fase implementasi.(ii) Validasi para ahli mengenai metode blended learning synchronous berbasis localhost dari segi media dan materi sangat layak; (iii) Pada uji coba skala besar hasil belajar seluruh peserta didik XTKJ-03 dan XTKJ-04 secara klasikal ketuntasannya berada diatas 80%; (iv) Tanggapan peserta didik mengenai metode yang dikembangkan pada uji coba skala besar rata-rata memberikan tanggapan positif sangat baik dengan prosentase 94% untuk peserta didik XTKJ-03 dengan jumlah peserta didik 34 peserta dan 90% untuk peserta didik XTKJ-04 dengan jumlah peserta didik 31peserta; (v) Kepraktisan kegiatan terhadap metode yang dikembangkan untuk pendidik dan peserta didik adalah sangat baik dengan nilai rata-rata 3,77 untuk pendidik dan 3,63 untuk peserta didik; (v) Dan direspon positif oleh pendidik berdasarkan hasil angket menunjukkan bahwa pendidik tertarik dengan kegiatan pembelajaran yang menggunakan metode blended learning synchronous berbasis localhost yang telah diterapkan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 01:22
Last Modified: 02 Apr 2018 01:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6454

Actions (login required)

View Item View Item