Pengaruh Pembelajaran Tematik Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPA SDN 185 Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang

HASNAH, HASNAH (2017) Pengaruh Pembelajaran Tematik Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPA SDN 185 Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
HASIL (1-55).docx

Download (95kB)

Abstract

ABSTRAK Untuk mewujudkan aktivitas belajar yang kompleks guru dapat menyajikan pembelajaran dengan paduan beberapa mata pelajaran yaitu dengan pembelajaran tematik. Pembelajaran ini adalah suatu konsp pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberikan pengalaman yang bermakna. Dalam model ini guru harus mampu membangun keterpaduan melalui satu tema. Pembelajaran tematik sangat menuntut kreativitas guru dalam memilih dan mengembangkan tema. Tema yang dipilih hendaknya diangkat dari lingkungan kehidupan peserta didik, agar pembelajaran menjadi hidup dan tidak kaku. Pembelajaran tematik kontekstual adalah perpaduan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran, dimana guru menghadirkan situasi dunia nyata kedalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan mereka sebagai anggota kelurga dan masyarakat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pre-eksperimen. Desain penelitian yang digunakan harus mengikuti metode penelitian. Penelitian ini menggunakan desain one-group pretest-posttest design. Pelaksanaan pembelajara tematik kontekstual dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan. Pertemuan pertama dilakukan pre-test dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan awal siswa kelas 2 SDN 185 Lembang Pertemuan kedua ,ketiga dan keempat dilakukan proses pembelajaran tematik kontekstual dan yang terakhir diadakan post-tes untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran tematik. Terlihat perbedaan yang sangat signifikan antara nilai pre–test dan nilai post-test salah satunya yaitu rata–rata hasil belajar siswa sebelum pembelajaran tematikkontekstual adalah 42,60 sedangkan rata – rata hasil belajar siswa setelah pembelajaran tematik adalah 82,45.Rata–rata hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pelaksanaan pembelajaran tematik kontekstual menunjukkan pengaruh yang poditif dan signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Apr 2018 01:01
Last Modified: 02 Apr 2018 01:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6451

Actions (login required)

View Item View Item