VIDEO ANIMASI 2 DIMENSI TENTANG BANK SAMPAH PADA KOTA DENPASAR

Yusa, I Made Marthana and Kurniawan, I Putu Ari (2017) VIDEO ANIMASI 2 DIMENSI TENTANG BANK SAMPAH PADA KOTA DENPASAR. Jurnal Tanra, 4 (3). pp. 21-34. ISSN 2407-6066

[img] Text
4859-11654-1-SM.docx

Download (4MB)
Official URL: http://ojs.unm.ac.id/tanra

Abstract

Bila tidak dikelola dengan baik, sampah akan menjadi salah satu permasalahan di pemukiman padat penduduk seperti Kota Denpasar. Sampah menyebabkan kerusakan ekologi lingkungan, bencana alam, bahkan mendatangkan wabah penyakit bagi penduduk. Dampak negatif sampah tersebut memberikan pandangan ke masyarakat bahwa sampah hanya memiliki nilai yang buruk. Namun, jika sampah dapat dikelola dengan baik dan benar―difasilitasi oleh Bank Sampah yang tersebar di kota Denpasar―hasil olah sampah dapat memberikan nilai ekonomis bagi nasabah Bank Sampah. Pengetahuan ini yang seharusnya disebarkan dan dipahami oleh masyarakat, agar menjadi motivasi sosial dan ekonomi bagi masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pencegahan dan penanggulangan dampak negatif sampah. Pada penelitian ini dilakukan perancangan sebuah video iklan layanan masyarakat tentang Bank Sampah pada Kota Denpasar berbasis animasi 2 dimensi. Animasi 2 dimensi dipilih oleh penulis karena memiliki kelebihan dalam menyampaikan serta menjelaskan informasi yang rumit menjadi wujud yang lebih sederhana dalam bentuk media visual serta audio. Dari hasil penelitian dan analisis dalam perancangan video tersebut, didapatkan data bahwa masyarakat memberikan respon yang baik terhadap video iklan layanan masyarakat berbasis animasi 2 dimensi tersebut, baik dari segi penyampaian informasi, maupun segi desain visual dari video tentang Bank Sampah pada Kota Denpasar. ---------------- If not managed properly, garbage will become one of the problems in densely populated settlements such as Denpasar City. Garbage causes environmental ecological damage, natural disasters, and even bring disease outbreaks for residents. The negative impact of such waste gives a view to the community that the waste only has a bad impact. However, if the garbage can be managed well and properly-facilitated by Bank Sampah spread in Denpasar city-result of garbage management can give economic value to a customer of Bank Sampah. This knowledge should be disseminated and understood by the community, to be a social and economic motivation for the community to participate in the prevention and mitigation of the negative impact of waste and garbage. In this research, the design of a public service video about Bank Sampah in Denpasar City based on the 2-dimensional animation. The 2-dimensional animation is chosen by the authors because it has advantages in conveying and explaining complicated information into a simpler form in the form of audio and visual media. From the results of research and analysis in the design of the video, the data obtained that the community provides a good response to video advertising service based on 2-dimensional animation, both in terms of information delivery, as well as the visual design of video about Bank Sampah in Denpasar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bank Sampah, Denpasar, Animasi 2D, Iklan Layanan Masyarakat
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Desain Komuniksi Visual
Depositing User: Mr. Dian Cahyadi
Date Deposited: 31 Mar 2018 13:12
Last Modified: 31 Mar 2018 13:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6443

Actions (login required)

View Item View Item