Pengaruh Kreativitas dan Gaya Belajar Matematika terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Makassar

Widuri ananda, Putri (2013) Pengaruh Kreativitas dan Gaya Belajar Matematika terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Makassar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
WIDURI ANANDA PUTRI.docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK WIDURI ANANDA PUTRI, 2013. Pengaruh Kreativitas dan Gaya Belajar Matematika terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Makassar. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar.Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas belajar matematika dan gaya belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Makassar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Makassar yang terdaftar pada tahun ajaran 2012/2013. Pengambilan Sampel dilakukan dengan simple random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tiga instrumen, yaitu kuesioner kreativitas belajar matematika, kuesioner gaya belajar matematika dan tes hasil belajar matematika. Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Makassar dikategorikan tinggi dengan skor rata-rata 82,59 dengan simpangan baku 8,537 dari skor ideal 100. Kreativitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Makassar dikategorikan sedang dengan skor rata-rata 94,10 dengan simpangan baku 10,41 dari skor ideal 139,88. Sedangkan gaya belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Makassar dikategorikan tinggi dengan skor rata-rata 53,87 dengan simpangan baku 8,15 dari skor ideal 77,37. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa kreativitas belajar matematika dan gaya belajar matematika secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Makassar, dengan persamaan regresi Y = 53,372+ 0,303X1 + 0,032X2 dan koefisien determinasi R2 = 0,143. Dari hasil analisis di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara kreativitas belajar matematika dan gaya belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Makassar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:39
Last Modified: 29 Apr 2016 06:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/644

Actions (login required)

View Item View Item