Pengaruh model pembelajaran dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri di Kota Palu (dibimbing oleh Baso Intang Sappaile dan Muhammad Darwis).

Wahyunih, Malili (2014) Pengaruh model pembelajaran dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri di Kota Palu (dibimbing oleh Baso Intang Sappaile dan Muhammad Darwis). Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
WAHYUNIH.MAILILI. 2014..docx

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK WAHYUNIH.MAILILI. Pengaruh model pembelajaran dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri di Kota Palu (dibimbing oleh Baso Intang Sappaile dan Muhammad Darwis).Penggunaan model pembelajaran yang tepat akan menentukan efektifitas dan efisiensi pembelajaran dalam rangka meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Disamping model pembelajaran yang digunakan guru perhatian akan perbedaan karakteristik siswa juga sangat menentukan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, sebagai salah satu upaya guru untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa adalah dengan pemilihan model pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran matematika dengan memperhatikan perbedaan gaya kognitif siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran dan gaya kognitif mempengaruhi hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri di Kota Palu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Negeri di Kota Palu pada tahun ajaran 2013/2014 yang berasal dari 4 (empat) SMA dengan peringkat akreditasi “A”. Penentuan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel yang terpilih adalah dua SMA Negeri di Kota Palu, yakni SMA Negeri 1 Palu pada kelas Xa dan SMA Negeri 3 Palu pada kelas X1 dengan jumlah masing-masing siswa adalah 30 orang. Ada dua macam variabel dalam penelitian ini, yaitu: (1) variabel bebas yang terdiri atas model pembelajaran dan gaya kognitif siswa, dan (2) variabel terikat adalah hasil belajar matematika siswa. Model pembelajaran yang dimaksud dalam penelitian ini adalah model pembelajaran perseorangan dan kelompok kecil dan model konvensional. Sedangkan gaya kognitif yang dimaksud adalah gaya kognitif field independent (FI) dan gaya kognitif field dependent (FD). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes gaya kognitif GEFT, dan tes hasil belajar matematika. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan analisis varian dua jalur (Two-Way ANOVA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri kota Palu dipengaruhi oleh model Pembelajaran dan gaya kognitif siswa. Kesimpulannya adalah bahwa penggunaan model pembelajaran yang sesuai dengan gaya kognitif siswa dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:39
Last Modified: 29 Apr 2016 06:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/643

Actions (login required)

View Item View Item