Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMPN 2 Tanete Rilau Kabupaten Barru

GAZZALI, GAZZALI (2017) Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMPN 2 Tanete Rilau Kabupaten Barru. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
BAB I.docx

Download (23kB)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara jelas dan akurat mengenai (i) Hubungan perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan prestasi belajar peserta didik pada pada SMP Negeri 2 Tanete Rilau Kabupaten Barru, (ii) Hubungan kompetensi guru dengan hasil belajar peserta didik pada pada SMP Negeri 2 Tanete Rilau Kabupaten Barru. (iii) Hubungan perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru dengan hasil belajar peserta didik pada pada SMP Negeri 2 Tanete Rilau Kabupaten Barru. Penelitian ini dirancang dengan menggunkan pendekatan kuantitatif berjenis korelasional. Pengumpulan data menggunakan tiga jenis angket tentang perilaku kepemimpinan kepala sekolah, komptensi guru dan hasil belajar peserta didik. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan teknik analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 17,0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Gambaran perilaku kepemimpinan tergolong kategori baik, gambaran kompetensi guru tergolong kategori baik, demikian juga hasil belajar peserta didik tergolong kategori sangat baik, (ii) ada pengaruh positif signifikan perilaku kepemimpinan kepala sekolah terhadap hasil belajar peserta didik, Hal ini ditunjukkan oleh uji t yang didapat nilai t hitung > ttabel (3,533>2,040), sehingga Ho ditolak. Nilai t hitung positif, artinya berpengaruh positif yaitu semakin meningkat Perilaku kepemimpinan kepala sekolah maka akan meningkatkan hasil belajar peserta didik, (iii) ada pengaruh positif signifikan kompetensi guru dengan hasil belajar peserta didik, Hal ini ditunjukkan oleh uji t yang didapat nilai thitung > ttabel (2,505>2,040), sehingga Ho ditolak. Nilai t hitung positif, artinya berpengaruh positif yaitu semakin meningkat kompetensi guru maka akan meningkatkan hasil belajar peserta didik, (4) ada pengaruh positif signifikan secara simultan perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru terhadap hasil belajar peserta didik, hal ini ditunjukkan dari hasil analisis uji F dengan nilai signifikansi 0,000. Besar R square adalah sebesar 0,732 yang berarti perilaku kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru terhadap hasil belajar peserta didiksebesar 73,2% variasi variabel hasil belajar peserta didik, dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan bahwa kepala sekolah sebagai top manager sangat diperlukan dalam mengayomi berbagai aktifitas persekolah khususnya perilaku yang berorientasi perubahan. Peningkatan kompetensi guru mutlak diperlukan, selain untuk mengikuti berbagai perubahan dan perbaikan sistem pendidikan, kompetensi guru juga sangat diperlukan dari segi penguasaan teknik pembelajaran, dan materi pembelajaran (profesional).

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Hukum dan Kewarganegaraan
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Mar 2018 08:07
Last Modified: 29 Mar 2018 08:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6420

Actions (login required)

View Item View Item