Perbandingan Kemampuan Penalaran Adaptif antara Siswa yang diajar dengan menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Saintifik pada Kelas X MIA SMA Negeri 11 Makassar

Ikram, Fadhil Zil (2016) Perbandingan Kemampuan Penalaran Adaptif antara Siswa yang diajar dengan menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Saintifik pada Kelas X MIA SMA Negeri 11 Makassar. Diploma thesis, FMIPA.

[img] Text
Artikel_Skripsi.docx

Download (62kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang memiliki tujuan untuk mengetahui: (1) deskripsi kemampuan penalaran adaptif dan peningkatan kemampuan penalaran adaptif siswa yang diajar dengan model PBM dan model pembelajaran kooperatif pendekatan saintifik; (2) perbedaan kemampuan penalaran adaptif dan peningkatan kemampuan penalaran adaptif antara siswa yang diajar dengan model PBM dan model pembelajaran kooperatif pendekatan saintifik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 11 Makassar pada semester ganjil 2016/2017. Peneliti memilih dua kelas dengan menggunakan simple random sampling. Data diperoleh dari hasil observasi dant es. Data dianalisis menggunakan analisis statistika deskriptif dan inferensial. Hasil dari analisis statistika deskriptif adalah: (1) rata-rata dan standar deviasi kemampuan penalaran adaptif siswa yang diajar dengan model PBM dan kooperatif berturut-turut adalah: (i) 75,97 dan 15,42; dan (ii) 76,60 dan 11,12; (2) rata-rata dan standar deviasi kemampuan penalaran adaptif siswa yang diajar dengan model PBM dan kooperatif berturut-turut adalah: (i) 0,60 dan 0,22; dan (ii) 0,56 dan 0,21. Hasil dari analisis statistika infrensial adalah: (1) perbedaan kemampuan penalaran adaptif antara siswa yang diajar dengan model PBM dan model pembelajaran kooperatif tidak signifikan; (2) perbedaan peningkatan kemampuan penalaran adaptif antara siswa yang diajar dengan model PBM dan model pembelajaran kooperatif tidak signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Mar 2018 07:58
Last Modified: 29 Mar 2018 07:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6417

Actions (login required)

View Item View Item