Pengaruh Kepercayaan Diri dan Kemampuan Komunikasi Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Majene Kab. Majene

Jumalia, Jumalia (2018) Pengaruh Kepercayaan Diri dan Kemampuan Komunikasi Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Majene Kab. Majene. Diploma thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 MAJENE.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi matematika terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Majene. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Majene yang terdaftar pada tahun 2017/2018 yang kemudian semua populasi tersebut dijadikan sampel yang disebut dengan penelitian populasi atau sampel jenuh. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tiga instrumen yaitu angket kepercayaan diri, tes kemampuan komunikasi matematika dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh diolah dengan program pengolahan data statistic yaitu SPSS. Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Majene dikategorikan kurang (D) dengan skor rata-rata 41,44 dengan simpangan baku 23,28 dari skor ideal 100 dengan persentase sebesar 69,4%. Kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Majene dikategorikan tinggi dengan skor rata-rata 54,83 dengan simpangan baku 7,43 dari skor ideal 80 dengan persentase sebesar 50%. Sedangkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Majene dikategorikan kurang (D) dengan skor rata-rata 28,80 dengan simpangan baku 13,33 dari skor ideal 100 dengan persentase sebesar 94,4%. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi matematika secara simultan berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Majene, dengan koefisien determinasi R2 = 0,741. Hasil analisis inferensial juga menunjukkan bahwa secara parsial kemampuan komunikasi matematika berpengaruh sebesar 1,366 terhadap hasil belajar matematika dengan memperhatikan kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Majene. Hal ini berarti bahwa setiap kenaikan satu unit kemampuan komunikasi matematika (X1) akan memberikan dampak pada hasil belajar matematika (Y) sebesar 1,366. Namun kepercayaan diri tidak berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Majene. Dari hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa secara bersama-sama kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi matematika berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Majene.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA
FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Mar 2018 07:29
Last Modified: 29 Mar 2018 07:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6406

Actions (login required)

View Item View Item