Deskripsi Proses Berpikir Refraksi Siswa Berkemampuan Matematika Tinggi dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender

SUMARNO, MUTI’AH (2017) Deskripsi Proses Berpikir Refraksi Siswa Berkemampuan Matematika Tinggi dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL_15B07017_MUTI'AH SUMARNO.docx

Download (40kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran tentang deskripsi proses berpikir refraksi siswa berkemampuan matematika tinggi dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari perbedaaan gender. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Peneliti bertindak sebagai instrumen utama yang dipandu oleh tes kemampuan matematika dalam memecahkan masalah matematika, tes proses berpikir refraksi dalam pemecahan masalah matematika dan pedoman wawancara yang sahih. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian tes kemudian hasil tes tersebut dianalisis oleh peneliti kemudian diverifikasi melalui wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri 15 Makassar yaitu satu orang laki-laki dan satu orang perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam masalah matematika kompleks: (1) Identifikasi masalah dalam memahami masalah, subjek laki-laki (SL) melakukan semua proses berpikir reflektif dan proses berpikir kritis sedangkan subjek perempuan (SP) melakukan proses berpikir reflektif tetapi tidak melakukan proses berpikir kritis. (2) Strategi dalam merencanakan penyelesaian dan melaksanakan rencana, subjek laki-laki (SL) melakukan semua proses berpikir reflektif dan proses berpikir kritis sedangkan subjek perempuan (SP) melakukan proses berpikir reflektif tetapi tidak melakukan semua proses berpikir kritis. (3) Evaluasi dalam memeriksa kembali, subjek laki-laki (SL) melakukan semua proses berpikir reflektif dan proses berpikir kritis sedangkan subjek perempuan (SP) melakukan proses berpikir reflektif tetapi tidak melakukan semua proses berpikir kritis. Pada masalah matematika aplikasi : (1) Identifikasi masalah dalam memahami masalah, subjek laki-laki (SL) dan subjek perempuan (SP) melakukan semua proses berpikir reflektif dan proses berpikir kritis. (2) Strategi dalam merencanakan penyelesaian dan melaksanakan rencana, subjek laki-laki (SL) dan subjek perempuan (SP) melakukan semua proses berpikir reflektif dan proses berpikir kritis. (3) Evaluasi dalam memeriksa kembali, subjek laki-laki (SL) melakukan semua proses berpikir reflektif dan proses berpikir kritis sedangkan subjek perempuan (SP) melakukan proses berpikir reflektif tetapi tidak melakukan semua proses berpikir kritis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa subjek laki-laki (SL) mampu menggunakan kemampuan berpikir refraksi sedangkan subjek perempuan (SP) kurang mampu dalam menggunakan kemampuan berpikir refraksi terkhusus pada kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Mar 2018 07:16
Last Modified: 29 Mar 2018 07:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6404

Actions (login required)

View Item View Item