Pengaruh Penggunaan Jurnal Belajar terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Makassar pada Materi Sistem Peredaran darah Manusia

Nurhidayah, Nurhidayah (2017) Pengaruh Penggunaan Jurnal Belajar terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Makassar pada Materi Sistem Peredaran darah Manusia. S1 thesis, FMIPA.

[img] Text
Artikel.docx

Download (56kB)

ABSTRAK Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan jurnal belajar terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Makassar pada materi sistem peredaran darah manusia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy experiment). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 8 Makassar tahun ajaran 2016/2017. Pemilihan sampel penelitian ini dilakukan secara random, sehingga diperoleh kelas XI IPA 2 sebagai kelompok eksperimen yang menggunakan jurnal belajar dan kelas XI IPA 1 sebagai kelompok kontrol yang tidak menggunakan jurnal belajar. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 kali pertemuan untuk materi dan 2 kali pertemuan untuk evaluasi.Teknik pengumpulan data dilihat dari motivasi belajar yang terdiri dari 4 aspek yaitu Attention (perhatian), Relevance (hubungan), Confidence (percaya diri), dan Satisfaction (kepuasan) dengan memberikan angket dan hasil belajar dilakukan dengan memberikan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dan uraian, meliputi pretest (tes hasil belajar awal siswa) dan posttest (tes hasil belajar akhir siswa). Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif dan uji hipotesis secara inferensial dengan menggunakan analisis Kovarian dengan taraf signifikansi 0,05. Motivasi belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Makassar yang diajar dengan menggunakan jurnal belajar berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 4,15. Motivasi belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Makassar yang diajar tanpa menggunakan jurnal belajar berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 3,54. Hasil statistik diperoleh nilai signifikansi 0,001<α = 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa jurnal belajar berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 8 Makassar pada materi sistem peredaran darah manusia.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > BIOLOGI - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Mar 2018 07:07
Last Modified: 29 Mar 2018 07:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6402

Actions (login required)

View Item View Item