Pengaruh Penggunaan Diagram V terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 11 Makassar pada Materi Sistem Peredaran Darah

Amalia, Arista Nanda (2017) Pengaruh Penggunaan Diagram V terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 11 Makassar pada Materi Sistem Peredaran Darah. Diploma thesis, FMIPA.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (30kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh diagram V terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 11 Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen tipe Posttest-only control design yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa kelas XI IPA pada pembelajaran biologi materi sistem peredaran darah yang dibelajarkan dengan menggunakan diagram V. Sampel penelitian diambil dua kelas menggunakan simple random technique yang kemudian ditempatkan sebagai dua kelompok sampel, yaitu kelompok eksperimen (rombongan belajar kelas XI IPA 1) dan kelompok kontrol (rombongan belajar kelas XI IPA 7) yang berjumlah sebanyak 65 siswa. Hasil belajar kognitif diukur dengan memberikan tes dalam bentuk pilihan ganda berupa posttest dan juga pemberian tes di tiap akhir pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, nilai hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 73,50, sedang pada kelas kontrol berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 64,73. Hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan uji-t diperoleh signifikansi 0.000 < α = 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan diagram V terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 11 Makassar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > BIOLOGI - (S1)
FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Mar 2018 07:04
Last Modified: 29 Mar 2018 07:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6400

Actions (login required)

View Item View Item