PengaruhPenerapan Model Problem-Based Learning (PBL) terhadapHasilBelajarPesertaDidikMateriPencemaranLingkunganKelas VII SMPN 26 Makassar

Silfina, Debi (2018) PengaruhPenerapan Model Problem-Based Learning (PBL) terhadapHasilBelajarPesertaDidikMateriPencemaranLingkunganKelas VII SMPN 26 Makassar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel.docx

Download (62kB)

Abstract

Penelitianiniadalahpenelitianeksperimensemu yang bertujuanuntukmelihatadatidaknyapengaruhpenerapan model PBL terhadaphasilbelajarpesertadidikmateripencemaranlingkungankelas VII SMPN 26 Makassar.Hipotesispenelitianadalahterdapatpengaruhpenerapan model PBL terhadaphasilbelajarpesertadidikmateripencemaranlingkungankelas VII SMPN 26 Makassar.Sampelpenelitianiniterdiriatasduakelasyaitukelas VII-I dankelas VII-2 SMPN 26 Makassar.Data dikumpulkanmelaluipemberianteshasilbelajarpadaranahkognitifdandianalisissecara statistic deskriptifdanstatistikinferensial.Peningkatanhasilbelajardapatdihitungmenggunakanrumus N-gain, sedangkanuji statistic inferensialmenggunakanuji-t.Berdasarkanhasil yang diperolehdapatdisimpulkanbahwaadapeningkatanhasilbelajarpesertadidikmelaluipenerapan PBL maupunpembelajarankonvensional yang dapatdilihatdarihasilperhitungan N-gain. AdapuntingkatkategoriN-gainpadakelasdenganmenerapkan model PBL maupunpadakelaskonvensionaldidominasipadakategorisedang.Hasilanalisisinferensialdiperolehnilai sig (2-tailed) 0,001 <α (0,05) sehinggadapatdisimpulkanbahwaadapengaruhpenerapan model PBL terhadaphasilbelajarpesertadidikmateripencemaranlingkungankelas VII SMPN 26 Makassar. Kata Kunci: PenelitianEksperimenSemu, ModelProblem-Based Learning (PBL), HasilBelajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > BIOLOGI - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Mar 2018 06:58
Last Modified: 29 Mar 2018 06:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6398

Actions (login required)

View Item View Item