Silfina, Debi (2018) PengaruhPenerapan Model Problem-Based Learning (PBL) terhadapHasilBelajarPesertaDidikMateriPencemaranLingkunganKelas VII SMPN 26 Makassar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Text
Artikel.docx Download (62kB) |
Abstract
Penelitianiniadalahpenelitianeksperimensemu yang bertujuanuntukmelihatadatidaknyapengaruhpenerapan model PBL terhadaphasilbelajarpesertadidikmateripencemaranlingkungankelas VII SMPN 26 Makassar.Hipotesispenelitianadalahterdapatpengaruhpenerapan model PBL terhadaphasilbelajarpesertadidikmateripencemaranlingkungankelas VII SMPN 26 Makassar.Sampelpenelitianiniterdiriatasduakelasyaitukelas VII-I dankelas VII-2 SMPN 26 Makassar.Data dikumpulkanmelaluipemberianteshasilbelajarpadaranahkognitifdandianalisissecara statistic deskriptifdanstatistikinferensial.Peningkatanhasilbelajardapatdihitungmenggunakanrumus N-gain, sedangkanuji statistic inferensialmenggunakanuji-t.Berdasarkanhasil yang diperolehdapatdisimpulkanbahwaadapeningkatanhasilbelajarpesertadidikmelaluipenerapan PBL maupunpembelajarankonvensional yang dapatdilihatdarihasilperhitungan N-gain. AdapuntingkatkategoriN-gainpadakelasdenganmenerapkan model PBL maupunpadakelaskonvensionaldidominasipadakategorisedang.Hasilanalisisinferensialdiperolehnilai sig (2-tailed) 0,001 <α (0,05) sehinggadapatdisimpulkanbahwaadapengaruhpenerapan model PBL terhadaphasilbelajarpesertadidikmateripencemaranlingkungankelas VII SMPN 26 Makassar. Kata Kunci: PenelitianEksperimenSemu, ModelProblem-Based Learning (PBL), HasilBelajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FMIPA > BIOLOGI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 29 Mar 2018 06:58 |
Last Modified: | 29 Mar 2018 06:58 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6398 |
Actions (login required)
View Item |