Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Makassar.

Syamsidar, Syamsidar (2012) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Syamsidar.docx

Download (13kB)

ABSTRAK Syamsidar, 2012. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Makassar. Skripsi. Internasional Class Program. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar.Penelitian ini berdasar pada masalah yang sering terjadi dalam pembelajaran matematika yaitu siswa kurang dan tidak berperan aktif dalam pembelajaran yang mengakibatkan rendahnya kualitas pembelajaran matematika. Salah satu model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap siswa kelas VIII9 SMP Negeri 24 Makassar dengan mengacu pada 3 aspek implementasi yaitu hasil belajar siswa sebagai evaluasi, aktivitas siswa selama model pembelajaran tersebut diimplementasikan, dan respon siswa terhadap implementasi model pembelajaran tersebut. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan satu kelas sebagai subyek penelitian yaitu kelas VIII9 SMP Negeri 24 Makassar yang terdiri atas 36 siswa. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa, tes hasil belajar yang diberikan kepada siswa dan angket respon siswa untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Hasil penelitian implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray menunjukkan bahwa: (1) Terjadi peningkatan kualitas belajar dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa yang berada pada kategori sangat tinggi. Dari hasil belajar siswa pada siklus I, terdapat 5 orang siswa (14%) yang belum tuntas belajar dan 31 orang siswa (86%) yang telah tuntas belajar. Sedangkan pada siklus II terdapat 2 orang siswa (5,6%) yang belum tuntas belajar dan 34 orang siswa (94,4%) yang telah tuntas belajar. Hal ini menunjukkan ketuntasan individu maupun klasikal telah tercapai. (2) Pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meminimalisir siswa yang tidak fokus, siswa yang mengganggu temannya dalam proses pembelajaran dan siswa yang paham materi namun bersikap cuek terhadap temannya yang belum paham. Selain itu keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar mengalami peningkatan dan mencapai 75%. (3) Sebagian besar siswa memberi respon yang positif terhadap implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Hasil tersebut menunjukkan bahwa proses pembelajaran dapat dikatakan berkualitas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:39
Last Modified: 29 Apr 2016 06:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/639

Actions (login required)

View Item View Item