Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Sistem Pernapasan di Sekolah Menengah Atas

.ALONEMARERA, A.S (2017) Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Sistem Pernapasan di Sekolah Menengah Atas. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB 1.docx

Download (27kB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu aspek yang mempengaruhi kualitas pendidikan adalah penggunaan bahan ajar yang inovatif. Seorang guru dituntut untuk mampu mengembangkan bahan sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik materi ajar. Salah satu pembelajaran yang perlu mendapat perhatian dalam rangka persiapan bahan ajar adalah Biologi. Sebagai bagian dari sains, hakikat Biologi adalah menyediakan berbagai pengalaman belajar untuk memahami konsep dan proses sains. Biologi bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan, tetapi juga merupakan proses penemuan. Kenyataan di SMA Negeri 2 Pancarijang menunjukkan bahwa Biologi tidak diajarkan sesuai hakikatnya. Guru Biologi masih sangat tergantung pada bahan ajar instan seperti buku paket dan LKS sebagai sumber belajar utama siswa sehingga sangat dimungkinkan jika bahan ajar tersebut bersifat kurang kontekstual dan tidak sesuai dengan kebutuhan pembelajaran Biologi. Oleh karena itu, peneliti perlu mengembangkan suatu modul yang berbasis pendekatan saintifik untuk pembelajaran Biologi sebagai salah satu bahan ajar alternatif selain buku paket dan LKS, guna menjembatani kepentingan pemenuhan unsur sains dalam pembelajaran Biologi, disamping menyediakan sumber belajar baru bagi siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i) bagaimana proses pengembangan, (ii) kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan modul pembelajaran Biologi berbasis pendekatan saintifik pada materi sistem pernapasan di sekolah menengah atas?. Sedangkan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui (i) proses pengembangan, (ii) kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan modul pembelajaran Biologi berbasis pendekatan saintifik pada materi sistem pernapasan di sekolah menengah atas. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R & D). Tahap penelitian dan pengembangan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu: (i) Analysis; (ii) Design; (iii) Development; (iv) Implementation; (v) Evaluation. Penelitian ini menggunakan 3 jenis instrumen, yaitu (i) lembar validasi ahli untuk menilai kevalidan modul, (ii) lembar respon guru dan respon siswa untuk menilai kepraktisan modul dan (iii) tes hasil belajar (posttest) untuk menilai keefektifan modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor kevalidan modul dari 2 validator sebesar 4,3 sehingga modul berkategori valid. Persentase rata-rata skor respon dari 3 guru sebesar 89,3% (sangat positif) dan persentase rata-rata skor respon dari 25 siswa sebesar 86,0% (sangat positif) sehingga modul berkategori praktis. Dari tes hasil belajar diperoleh 21 siswa atau 84% siswa mampu mencapai nilai kriteria ketuntasan belajar sehingga modul berkategori efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa proses pengembangan modul pembelajaran Biologi berbasis pendekatan saintifik pada materi sistem pernapasan di sekolah menengah atas mengacu pada model pengembangan ADDIE dan telah memenuhi syarat valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Mar 2018 06:27
Last Modified: 29 Mar 2018 06:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6386

Actions (login required)

View Item View Item