Implememtasi Pendidikan karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tanete Riaja Kabupaten Barru

MUSTAKIM, MUSTAKIM (2017) Implememtasi Pendidikan karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tanete Riaja Kabupaten Barru. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (152kB)

ABSTRAK Pendidikan kewarganegaraan merupakan salah satu mata pelajaran yang menjadi sektor utama dalam pengembangan karakter siswa. Namun sebelum pendidikan karakter diterapkan pada semua mata pelajaran, pada kenyataannya mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan belum cukup berhasil menjalankan peran tersebut secara baik, karena proses yang terjadi pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan tersebut hanya berorientasi pada pencapaian kognitif saja sedangkan pencapaian afektif/sikap cenderung diabaikan. Untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukannya modifikasi dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, salah satunya dengan pengintegrasian konsep pendidikan karakter dalam kegiatan pembelajaran sehingga lebih bisa berperan dalam pengembangan karakter siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Tanete Riaja Kabupaten Barru, dengan menggunakan pendekatan kualitatif untuk menggali dan memahami kenyataan-kenyataan yang terjadi secara intensif dan mendalam berkenaan dengan penerapan pendidikan karakter pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di sekolah tersebut. Pendidikan karakter adalah upaya sadar dan sungguh-sungguh dari seorang pendidik untuk mengajarkan nilai karakter kepada peserta didiknya. Berdasarkan kajian nilai-nilai agama, Pancasila, budaya, dan tujuan pendidikan nasional, Kemendiknas telah mengidentifikasi 18 nilai pembentuk karakter bangsa, yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggung jawab. Pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi langsung pada kegiatan pembelajaran, teknik wawancara kepada guru dan siswa, serta melalui teknik dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 2 Tanete Riaja sudah dilakukan penerapan pendidikan karakter dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Hukum dan Kewarganegaraan
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Mar 2018 05:46
Last Modified: 29 Mar 2018 05:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6373

Actions (login required)

View Item View Item