Efektifitas pelaksanaan Model Pembelajaran Bertukar Peran(Reciprocal Teaching) Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa SD Inpres Kassi Kota Makassar

RISMAWATI, RISMAWATI (2017) Efektifitas pelaksanaan Model Pembelajaran Bertukar Peran(Reciprocal Teaching) Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa SD Inpres Kassi Kota Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL RISMAWATI 1.docx

Download (54kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan pelaksanaan model reciprocal teaching pada pembelajaran IPA, motivasi belajar, dan mengetahui efektivitas pelaksanaan model reciprocal teaching terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Inpres Kassi kota Makassar pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan true experimentaldesign yaitu pre-test-post-test control group design. Pada penelitian ini terdapat dua variabel: Variabel bebas yaitu model reciprocal teaching, dan Variabel terikat yaitu motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Kassi Kota Makassar tahun ajaran 2016/2017, berjumlah 52 siswa yang terdiri dari 2 kelas.Sampel diambil secara acak berjumlah 40 siswa dengan memperhatikan unsur-unsur homogenitas dari populasi tersebut, selanjutnya diambil secara sistematik sesuai langkah yang sudah ditetapkan melalui teknik matching group. Kemudian dibagi kedalam 2 kelompok yaitu kelompok kontrol dan eksperimen masing-masing berjumlah 20 siswa. Instrument pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan lembar observasi. Instrumen tersebut telah divalidasi oleh validator ahli meliputi: Validasi Isi dan Validasi Empirik.Data yang diperoleh dianalisis dengan 2 jenis statistic yaitu statistik deksriptif dan statistic imperensial meliputi: Uji Normalitas Data, Uji Homogenitas Data dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: i) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran bertukar peran (reciprocal teaching) dalam pembelajaran IPA di kelas V SD Inpres Kassi kota Makassar yang terdiri dari tahap pengelompokan siswa,tahap perlakuan model oleh guru,tahap membaca materi yang disediakan,tahap pemodelan oleh siswa dan tahap guru bertindak sebagai mediator.Secara keseluruhan untuk keempat pertemuan keterlaksanaan pembelajaran bertukar peran(reciprocal teaching) dapat dikatakan terlaksana dengan amat baik, ii) Motivasi belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Kassi kota Makassar yang terdiri atas indikator perhatian,keterkaitan,percaya diri,dan kepuasan.Berdasarkan indikator tersebut diperoleh motivasi belajar IPA siswa pada pretest baik pada kelas kontrol maupun kelompok eksperimen berada pada kategori kurang termotivasi.Pada kelompok kontrol pada posttest siswa lebih dominan berada pada kategori kurang termotivasi dan posttest pada kelompok eksperimen berada pada kategori sangat termotivasi, iii) Pelaksanaan model pembelajaran bertukar peran(reciprocal teaching) efektif terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Kassi kota Makassar Kata Kunci: model pembelajaran bertukar peran (reciprocal teaching), motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Pendidikan Dasar s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Mar 2018 05:34
Last Modified: 29 Mar 2018 05:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6368

Actions (login required)

View Item View Item