Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Melalui Teknik Bermain Peran Siswa Kelas XI IA SMA Negeri 2 Makassar

BACHTIAR, SUWARSIH (2016) Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Melalui Teknik Bermain Peran Siswa Kelas XI IA SMA Negeri 2 Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Bhs Indonesia.docx

Download (28kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 di SMA Negeri 2 Makassar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa melalui teknik bermain peran (Rollenspiel). Data penelitian terdiri atas dua jenis yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi dan data kuantitatif diperoleh melalui hasil tes pada siklus pertama dan siklus kedua dan dianalisis dengan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh siswa pada siklus I adalah 77,04% dan pada siklus II mencapai 85,19%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jerman (Sprechen) Siswa SMA Negeri 2 Makassar. Kata Kunci: Keterampilan berbicara, penelitian tindakan kelas, dan teknik bermain peran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Mar 2018 05:23
Last Modified: 29 Mar 2018 05:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6364

Actions (login required)

View Item View Item