Perlindungan Hukum Atas Kekerasan Guru Terhadap Anak Menurut Perspektif Hak Asasi Manusia Di SMK Negeri 2 Barru

SUARNI, SUARNI (2017) Perlindungan Hukum Atas Kekerasan Guru Terhadap Anak Menurut Perspektif Hak Asasi Manusia Di SMK Negeri 2 Barru. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel tesisku.docx

Download (75kB)

ABSTRAK Tesis ini membahas masalah kekerasan guru terhadap anak di SMK Negeri 2 Barru yang memerlukan perlindungan hukum berdasarkan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak dan Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia. Rumusan masalah pada penelitian ini yang diperoleh dari selisih antara harapan dengan kenyataan yang ada meliputi jenis-jenis kekerasan menurut Undang-Undang Perlindungan Anak dan Hak Asasi manusia di SMK negeri 2 Barru. Demikian adanya faktor-faktor penyebab terjadinya kekerasan guru terhadap anak dan cara mengantisipasinya. Penelitian ini adalah penelitian menggunakan metode analisa data dengan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian meliputi jenis-jenis kekerasan guru atas anak di sekolah terbatas pada peristiwa kekerasan di SMK Negeri 2 Barru meliputi kekerasan secara Fisik (Physical Abuse) berupa penyiksaan, pemukulan, dan penganiayaan terhadap anak, atau tanpa menggunakan benda-benda. Beberapa faktor penyebab terjadinya kekerasan guru atas anak seperti faktor udari guru sendiri disebabkan karena keperibadian dalam tugasmya memandang kekerasan sebagai perbuatan biasa, Kekerasan terjadi karena faktor dari siswa yang menyulitkan untuk diajar dengan baik, karena kepribadian, akhlak dan moralnya sangat rendah. Juga kekerasan guru karena faktor lingkungan siswa yang sulit beradaptasi dengan tata tertib sekolah. Dan juga faktor penyebab yang lain karena pengaruh ekternal guru yaitu memiliki sifat turun temurun dari orang tuanya selalu bertindak kekerasan terhadap siswa dan karena pengaruh stress sosial, dengan banyaknya beban yang menyulitkan terantisipasi dalam keluarganya, Beberapa cara mengantisipasi kekerasan guru atas anak di SMK Negeri 2 Barru, yaitu dari dalam sekolah sendiri dengan tata tertib guru, kode etik guru, pembuatan selogan kekerasan guru atas siswa. Juga faktor orang tua memerlukan komunikatif yang sehat dengan guru-guru SMK Negeri 2 Barru.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Hukum dan Kewarganegaraan
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Mar 2018 05:23
Last Modified: 29 Mar 2018 05:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6363

Actions (login required)

View Item View Item