Analisis Pelaksanaan penilaian oleh guru Biologi SMA Negeri di Kabupaten Barru

IRFAN, M. (2017) Analisis Pelaksanaan penilaian oleh guru Biologi SMA Negeri di Kabupaten Barru. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
artikel irfan.docx

Download (56kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perencanaan penilaian, gambaran pelaksanaan penilaian, dan gambaran pelaporan hasil penilaian guru Biologi yang mengajar di SMA Negeri yang ada di Kabupaten Barru ditinjau dari aspek antecedents, transactions, dan outcomes. Jenis penelitian yang digunakan untuk mengkaji mengenai Analisis Pelaksanaan penilaian oleh guru Biologi SMA Negeri di Kabupaten Barru yaitu penelitian evaluasi dengan menggunakan model evaluasi program Model Countenance Stake. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif dalam bentuk distribusi persentase. Subjek dalam penelitian ini melibatkan: guru biologi, dan peserta didik. Untuk memperoleh data digunakan kuesioner, pedoman wawancara, dokumentasi, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pelaksanaan penilaian oleh guru Biologi SMA Negeri di Kabupaten Barru berdasarkan rekapitulasi aspek perencanaan (antecedents) berada pada kategori sangat baik, aspek pelaksanaan (transactions) pada kategori sangat baik, dan aspek pelaporan hasil (outcomes) berada pada kategori baik. Hal ini diselaraskan oleh (1)Perencanaan Penilaian, sekolah menyediakan silabus dan pedoman penilaian yang menjadi panduan bagi guru. Instrumen kompetensi pengetahuan disertai kunci jawaban sudah disusun oleh guru, Instrumen sikap belum dilengkapi rubrik penskoran dalam pelaksanaanya. Selain itu teknik yang dilakukan dalam penilaian sikap terlalu monoton hanya menggunakan obesrvasi atau jurnal, tidak mengguakan teknik penilaian sikap yang lain seperti penilaian diri, penilaian antar peserta didik (2) Pelaksanaan penilaian, kegiatan penilaian seperti pemberian tugas, ulangan, sudah sesuai dengan perencanaan yang disusun diawal kegiatan pembelajaran. Pelaksanaan ulangan tengah semester maupun semester di bawah koordinasi sekolah dan dilakukan secara serempak, sehingga jauh dari tindak kecurangan. Pelaksanaan remedial belum dilaksanakan dengan baik. (3) Pelaporan hasil, tidak semua peserta didik dapat mencapai KKM yang telah ditetapkan, guru mengolah, mensekor, memasukkan nilai dalam daftar penilaian, nilai yang dimaksud adalah nilai kognitif, psikomotorik, dan afektif siswa, lalu melaporkan hasil penilaian ke wali kelas, kepala sekolah, dan mengundang orang tua/wali peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Mar 2018 05:14
Last Modified: 29 Mar 2018 05:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6362

Actions (login required)

View Item View Item