Soma Salim S. 2014. BlogMatika sebagai Media Penugasan bagi Siswa dalam Pembelajaran Matematika pada Sekolah Berbasis Teknologi Informasi

Soma, Salim S (2014) Soma Salim S. 2014. BlogMatika sebagai Media Penugasan bagi Siswa dalam Pembelajaran Matematika pada Sekolah Berbasis Teknologi Informasi. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Soma Salim,s..docx

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK Soma Salim S. 2014. BlogMatika sebagai Media Penugasan bagi Siswa dalam Pembelajaran Matematika pada Sekolah Berbasis Teknologi Informasi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar, Djadir dan Rahmat Syam. Tujuan penelitian ini adalah membandingkan hasil belajar matematika dan self efficacy siswa antara kelas yang diajar menggunakan BlogMatika dengan kelas yang diajar tidak menggunakan BlogMatika sebagai media penugasan bagi siswa. Penelitian ini merupakan eksperimental semu dan menggunakan nonequivalent control group design. Ada dua kelas yang diteliti, yaitu kelas yang diajar menggunakan BlogMatika sebagai media penugasan (kelas eksperimen) dan kelas yang diajar tanpa menggunakan BlogMatika (kelas kontrol). Data dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar dan skala self efficacy, kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif pada kelas kontrol menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa sebelum diajar berada pada kategori sangat rendah dan setelah diajar berada pada kategori cukup. Begitu pula pada kelas eksperimen, hasil belajar matematika siswa sebelum diajar berada pada kategori sangat rendah dan setelah diajar berada pada kategori cukup. Self efficacy siswa pada kelas kontrol sebelum diajar berada pada kategori sedang dan setelah diajar berada pada kategori tinggi. Demikian pula pada kelas eksperimen, self efficacy siswa sebelum diajar berada pada kategori sedang dan setelah diajar berada pada kategori tinggi. Hasil analisis inferensial (uji t sampel berpasangan) menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar matematika dan self efficacy siswa sebelum dan sesudah diajar, baik pada kelas eksperimen maupun pada kelas kontrol. Namun, kelas yang diajar menggunakan BlogMatika lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar matematika dan self efficacy siswa dibandingkan kelas yang diajar tanpa menggunakan BlogMatika sebagai media penugasan bagi siswa. Kata Kunci: BlogMatika, Media Penugasan, Hasil Belajar Matematika, dan Self Efficacy

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:39
Last Modified: 29 Apr 2016 06:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/635

Actions (login required)

View Item View Item