MeningkatkanMotivasiBelajarMatematikaMelaluiMetodebelajarTuntasPadaSiswaKelas IV MISMuhammadiyahEreng-ErengKabBantaeng.

Sitti, Sahyani (2013) MeningkatkanMotivasiBelajarMatematikaMelaluiMetodebelajarTuntasPadaSiswaKelas IV MISMuhammadiyahEreng-ErengKabBantaeng. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Sitti Suhyani.docx

Download (11kB)

ABSTRAK SittiSahyani, 2013. MeningkatkanMotivasiBelajarMatematikaMelaluiMetodebelajarTuntasPadaSiswaKelas IV MISMuhammadiyahEreng-ErengKabBantaeng. Skripsi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar matematika melalui metodeBelajarTuntas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV MISMuhammadiyahEreng-ErengKabBantaeng pada semester II Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 8 orang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus sebanyak empat kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui lembar observasi, dan tes dalam bentuk uraian.Analisis data hasil penelitian yang diperoleh setelah penerapan metode Belajar Tuntasadalah : (1) Kemampuan siswadalampemahaman matematika pada siklus I berada pada kategori sedang dengan skor rata-rata yaitu 64 dengan standar deviasi 17,87, ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 62,50% dari skor ideal yaitu 100. Pada siklus II skor rata-rata pemahaman siswa dalam pelajaran matematika yaitu 72,28 dan berada pada kategori tinggi dengan standar deviasi 10,69, ketuntasan belajar klasikal siswa meningkat menjadi 75% dari skor ideal yaitu 100. (2) Aktivitas yang diajukan oleh siswa meningkat berdasarkan rata-rata perbandingan motivasi negatif dan positifnya pada kedua siklus, masing-masing yaitu 0,30 dan 0,16. (3) Motivasisiswa terhadap belajar yang dilakukan cenderung mengalami perubahan ke arah yang lebih baik. Dari hasil penelitian ini secara umum dapat disimpulkan bahwa penerapan model belajartuntas dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa Kelas IV MISMuhammadiyahEreng-ErengKabBantaeng.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:39
Last Modified: 29 Apr 2016 06:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/633

Actions (login required)

View Item View Item