Efektivitas Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMPN 1 Saluputti Kabupaten Tana Toraja

DJAFAR, MASNA (2017) Efektivitas Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMPN 1 Saluputti Kabupaten Tana Toraja. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL Masna Djafar.docx

Download (48kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Problem Posing dalam pembelajaran matematika di Kelas VIII SMPN 1 Saluputti Kabupaten Tana Toraja. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah yaitu One-Group Pretest Posttest Design. Penelitian ini dilaksanakan pada semester Genap tahun ajaran 2016/2017 di kelas VIII SMPN 1 Saluputti Kabupaten Tana Toraja. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling, dari 5 kelas diambil satu kelas secara acak yakni kelas VIII.A sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar observasi, dan lembar angket. Data dianalisis menggunakan analisis statistika deskriptif, dan analisis statistika inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar matematika siswa kelas VIII.A SMPN 1 Saluputti Kabupaten Tana Toraja setelah penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Problem Posing lebih dari 69,9 (KKM), peningkatan hasil belajar matematika (nilai gain) siswa kelas VIII.A SMPN 1 Saluputti Kabupaten Tana Toraja signifikan dan berada pada kategori tinggi, hasil belajar matematika siswa kelas VIII.A SMPN 1 Saluputti Kabupaten Tana Toraja setelah diajar menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Problem Posing telah mencapai ketuntasan klasikal, 2) aktivitas siswa pada pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Problem Posing berada pada kategori sangat aktif; dan 3) respons siswa pada pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Problem Posing berada pada kategori positif. Dengan demikian, model Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Problem Posing efektif dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII.A SMPN 1 Saluputti Kabupaten Tana Toraja.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Mar 2018 04:13
Last Modified: 29 Mar 2018 04:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6326

Actions (login required)

View Item View Item