Perbandingan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Asissted Individualy dan tipe Numbered Head Together pada siswa kelas VIII SMPN 26 Makassar

PUTRA, RIZKYA (2017) Perbandingan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Asissted Individualy dan tipe Numbered Head Together pada siswa kelas VIII SMPN 26 Makassar. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG DAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 WONOMULYO.pdf

Download (1MB) | Preview

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan tipe NHT pada siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar. Jenis penelitian ini adalah “Posttest-Only Control Group Design”. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 26 Makassar yang terdiri dari 6 kelas. Dua kelas yang diambil sebagai sampel kelas VIII-6 sebagai kelas eksperimen I dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan jumlah 28 siswa dan kelas VIII-5 sebagai kelas eksperimen II dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan jumlah siswa 30 orang. Ada dua instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran dan tes hasil belajar matematika. Perangkat pembelajaran yang digunakan yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar kerja kegiatan siswa, masing-masing untuk empat kali pertemuan. Hasil penelitian ini secara deskriptif menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan tipe NHT terlaksana dengan baik. Rata-rata skor hasil belajar kelas eksperimen I sebesar 66,42, termasuk dalam kategori baik, sedangkan rata-rata skor hasil belajar kelas eksperimen II yaitu 55,90, termasuk dalam kategori sedang. Selanjutnya hasil analisis statistika inferensial dengan α=0,05 menggunakan Independent Sample T Test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Dengan kata lain rata-rata hasil belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih baik dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Mar 2018 03:53
Last Modified: 29 Mar 2018 03:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6320

Actions (login required)

View Item View Item