Keefektifan Model Creative Problem Solving (CPS) dengan Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas VII SMP Negeri 26 Makassar

Tasnima, Andi (2017) Keefektifan Model Creative Problem Solving (CPS) dengan Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas VII SMP Negeri 26 Makassar. S1 thesis, FMIPA.

[img] Text
BAB I ima.doc

Download (90kB)

ABSTRAK Tujuan dari penelitian Pra-Eksperimen ini adalah untuk mengetahui model Creative Problem Solving (CPS) dengan Pendekatan Kontekstual dalam pembelajaran matematika. Subjek penelitian ini adalah kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 31 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar berupa Pre-Test dan Post-Test, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respon siswa pada materi pokok Statistika. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistika deskriptif dan inferensial. Hasil yang diperoleh melalui analisis statistika deskripitf adalah sebagai berikut: (1) Hasil belajar matematika siswa yang diajar melalui penerapan model creative problem solving (CPS) dengan Pendekatan Kontekstual menunjukkan bahwa 87% siswa mencapai ketuntasan individu dan berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 81,5 dari skor ideal 100. (2) rata-rata nilai gain ternormalisasi adalah 0,7 yang berada pada kategori tinggi. (3) Rata-rata aktivitas siswa sebesar 3,0 yang berada pada kategori aktif. (3) persentase rata-rata siswa yang memberikan respon positif adalah sebesar 87%. Hasil analisis statistika inferensial menunjukkan peningkatan hasil belajar matematika siswa lebih baik setelah diajar dengan menerapkan model Creative Problem Solving (CPS) dengan Pendekatan Kontekstual. Dengan demikian, penerapan model Creative Problem Solving (CPS) dengan Pendekatan Kontekstual efektif diterapkan pada pembelajaran matematika siswa kelas VII.1 SMP Negeri 26 Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Mar 2018 03:23
Last Modified: 29 Mar 2018 03:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6308

Actions (login required)

View Item View Item