Hasil Belajar Fisika ditinjau dari Kecerdasan Emosional dan Motivasi Berprestasi pada Peserta Didik SMA Negeri 1 Tinambung

MARWAH, MARWAH (2017) Hasil Belajar Fisika ditinjau dari Kecerdasan Emosional dan Motivasi Berprestasi pada Peserta Didik SMA Negeri 1 Tinambung. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (28kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan seberapa besar hasil belajar fisika, kecerdasan emosional, dan motivasi berprestasi peserta didik SMA Negeri 1 Tinambung; (2) menganalisis hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar fisika peserta didik SMA Negeri 1 Tinambung; (3) menganalisis hubungan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar fisika peserta didik SMA Negeri 1 Tinambung; (4) menganalisis hubungan antara kecerdasan emosional dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar fisika peserta didik SMA Negeri 1 Tinambung; (5) menganalisis hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar fisika jika mengontrol motivasi berprestasi peserta didik SMA Negeri 1 Tinambung; (6) menganalisis hubungan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar fisika jika mengontrol kecerdasan emosional peserta didik SMA Negeri 1 Tinambung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tinambung. Pengambilan sampel dengan menggunakan multistage random sampling dengan jumlah peserta didik sebanyak 184 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tinambung berada dalam kategori sedang; (2) kecerdasan emosional peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tinambung berada dalam kategori sedang; (3) motivasi berprestasi peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tinambung berada dalam kategori sedang; (4) kecerdasan emosional memiliki hubungan positif dan signifikan dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tinambung sebesar 0,616; (5) motivasi berprestasi memiliki hubungan positif dan signifikan dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tinambung sebesar 0,647; (6) kecerdasan emosional dan motivasi berprestasi memiliki hubungan positif dan signifikan dengan hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tinambung sebesar 0,723; (7) kecerdasan emosional memiliki hubungan positif dan signifikan dengan hasil belajar fisika jika mengontrol motivasi berprestasi peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tinambung sebesar 0,423; (8) kecerdasan emosional memiliki hubungan positif dan signifikan dengan hasil belajar fisika jika mengontrol motivasi berprestasi peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tinambung sebesar 0,481.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Mar 2018 03:08
Last Modified: 29 Mar 2018 03:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6301

Actions (login required)

View Item View Item