Implementasi Pendekatan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas X2 SMA Negeri 1 Bissappu

Musfira, Musfira (2016) Implementasi Pendekatan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas X2 SMA Negeri 1 Bissappu. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I Qu.docx

Download (33kB)

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada kelas X2 SMA Negeri 1 Bissappu pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 36 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat kegiatan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi aktivitas peserta didik selama pembelajaran, lembar observasi aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran, tes keterampilan berpikir kreatif, dan angket respon peserta didik untuk masing-masing siklus I dan siklus II. Data yang terkumpul, dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Untuk siklus I diperoleh persentase tes keterampilan berpikir kreatif yaitu 72,22% berada pada kategori tinggi, sedangkan pada siklus II diperoleh persentase tes keterampilan berpikir kreatif sebesar 94,44%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika dengan pendekatan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM) dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas X2 SMA Negeri 1 Bissappu.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Mar 2018 02:45
Last Modified: 29 Mar 2018 02:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6296

Actions (login required)

View Item View Item