Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Dengan Menerapkan Model Discovery Learning Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas VIII. 4 SMPN 1 Tamalatea Kabupaten Jeneponto

NURAENI, NURAENI (2016) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Dengan Menerapkan Model Discovery Learning Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas VIII. 4 SMPN 1 Tamalatea Kabupaten Jeneponto. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I.docx

Download (23kB)

ABSTRAK Latar belakang Penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas VIII.4 SMPN 1 Tamalatea Kabupaten Jeneponto. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas VIII.4 SMPN 1 Tamalatea Kabupaten Jeneponto melalui penerapan model Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) yang dilaksanakan di SMPN 1 Tamalatea Kabupaten Jeneponto, dengan subjek penelitian berjumlah 25 siswa pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 dengan materi kemerdekaan sebagai modal pembangunan. Penelitian ini meliputi tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi yang terdiri dari dua siklus dan dilaksanakan selama 6 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi aktivitas belajar siswa dan pemberian tes pada akhir siklus untuk mengetahui hasil belajar IPS siswa. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis data aktivitas belajar siswa dilakukan dengan menjumlahkan skor aktivitas belajar siswa, kemudian dibagi dengan jumlah skor maksimal dikali seratus persen. Analisis data hasil belajar IPS siswa dilakukan dalam dua cara, yaitu analisis ketuntasan individu dan analisis ketuntasan klasikal. Analisis ketuntasan individu dilakukan dengan menghitung skor yang diperoleh setiap siswa, kemudian dibagi dengan jumlah skor keseluruhan dikali seratus persen. Untuk analisis klasikal dilakukan dengan menghitung jumlah siswa yang tuntas (mencapai nilai KKM) kemudian dibagi dengan jumlah siswa dikali seratus persen. Hasil analisis aktivitas belajar IPS siswa menunjukkan adanya peningkatan ditandai dengan meningkatnya persentase aktivitas belajar IPS siswa yakni dari 32% dengan kategori sangat kurang pada siklus I menjadi 76% dengan kategori baik pada siklus II. Hasil belajar IPS siswa juga mengalami peningkatan dilihat dari pencapaian KKM yang telah ditentukan oleh pihak sekolah yaitu 65. Jumlah siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 14 siswa atau sebesar 56% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 22 siswa atau sebesar 88 %. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas VIII.4 SMPN 1 Tamalatea Kabupaten Jeneponto.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN ILMU SOSIAL - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Mar 2018 02:07
Last Modified: 29 Mar 2018 02:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6290

Actions (login required)

View Item View Item