Penelusuran Pelaksanaan Pembelajaran Matematika pada Program Kelas Akselerasi MTs Negeri Model Makassar.

Sitti Kurnia Purnama, Aksan (2014) Penelusuran Pelaksanaan Pembelajaran Matematika pada Program Kelas Akselerasi MTs Negeri Model Makassar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Sitti Kurnia Purnama Aksan.docx

Download (18kB)

Abstract

ABSTRAK Sitti Kurnia Purnama Aksan, 2014. Penelusuran Pelaksanaan Pembelajaran Matematika pada Program Kelas Akselerasi MTs Negeri Model Makassar. Skripsi. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Abdul Rahman dan Sabri). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran matematika yang dilakukan guru matematika pada program kelas akselerasi MTs Negeri Model Makassar yang difokuskan pada perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas. Subjek penelitian ini adalah guru matematika kelas akselerasi VIII. Data dalam penelitian ini berupa informasi tentang perencanaan dan pelaksanaan proses pembelajaran. Informasi tentang perencanaan pembelajaran berupa proses pemetaan standar isi, analisis SK/KD, pengembangan indikator, penyusunan silabus, dan penyusunan RPP. Informasi tersebut diperoleh melalui dokumentasi dokumen-dokumen yang kemudian dijadikan bahan untuk wawancara dengan subjek. Informasi mengenai proses pelaksanaan pembelajaran diperoleh melalui metode observasi yang dilakukan sebanyak 2 kali. Analisis data dilakukan secara kualitatif melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kegiatan guru dalam merencanakan pembelajaran di kelas akselerasi adalah menyusun program tahunan, program semester, pemetaan standar isi, analisis SK/KD, pengembangan indikator, silabus, dan RPP; 2) alokasi waktu tiap KD dipersingkat dengan mempertimbangkan keluasan, kedalaman, tingkat kesulitan, dan tingkat kepentingan suatu KD; 3) pembelajaran matematika dilakukan dalam tiga tahapan, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup; dan 4) strategi guru dalam memanfaatkan alokasi waktu yang telah dipersingkat adalah dengan meminimalisir pengulangan materi. Kata Kunci: Akselerasi, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 06:38
Last Modified: 29 Apr 2016 06:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/629

Actions (login required)

View Item View Item