Pengaruh Pelaksanaan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Pemahaman Konsep Pada Murid SDN Mangkura V Kota Makassar

YUSRIANTI, YUSRIANTI (2016) Pengaruh Pelaksanaan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Pemahaman Konsep Pada Murid SDN Mangkura V Kota Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
3. ARTIKEL.docx

Download (33kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi proses pelaksanaan pendekatan pembelajaran matematika realistik di kelas V SDN Mangkura V Kota Makassar, (2) mengetahui gambaran pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika sebelum dan setelah penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik di kelas V SDN Mangkura V Kota Makassar (3) menguji pengaruh pelaksanaan pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika di kelas V SDN Mangkura V Kota Makassar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian true experiment design dengan melibatkan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol, dengan desain pre-test post-test control group design. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu pemahaman konsep dan variabel bebas adalah pendekatan pembelajaran matematika realistik. Untuk mengetahui hasil dalam penelitian, peneliti menggunakan instrumen lembar observasi dan instrumen pengukuran pemahaman konsep dalam bentuk tes uraian sejumlah 8 soal. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui pelaksanaan pendekatan matematika realistik. Pada pertemuan pertama, pelaksanaan pendekatan matematika realistik mendapat nilai 44 dengan persentase 69,84% dengan kategori cukup, pertemuan kedua nilai 51 dengan persentase 80,95% kategori baik, pertemuan ketiga nilai 57 dengan persentase 90,47% kategori sangat baik dan pertemuan keempat nilai 61 dengan persentase 96,82% kategori sangat baik. Pemahaman konsep dianalisis dengan menggunakan rumus t-test melalui bantuan SPSS 20.0 for Windows. Hasil uji hopitesis menunjukkan nilai sig. (2-tailed) ≤ α (0,05) yaitu 0,018 ≤ 0,05 sehingga Ho ditolak dan dapat disimpulkan ada perbedaan pemahaman konsep antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang signifikan dan ada perbedaan yang bermakna antara nilai posttest kelas eksperimen dengan nilai posttest kelas kontrol. Berdasarkan nilai posttest pemahaman konsep, nilai pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 77,2, sedangkan untuk nilai rata-rata kelas kontrol adalah 66,9 sehingga rata-rata kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Maka pelaksanaan pendekatan pembelajaran matematika realistik berpengaruh positif terhadap peningkatan pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Pendidikan Dasar s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Mar 2018 01:55
Last Modified: 29 Mar 2018 01:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6286

Actions (login required)

View Item View Item