Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Kontekstual Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika

Amridawati, Nur (2016) Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Kontekstual Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel.docx

Download (42kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang akan menguji keefektifan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan kontekstual problem solving. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IX MTs. Yapit Malakaji Kecamatan Tompobulu Kabupaten Gowa yang terdiri atas 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes hasi lbelajar, lembar observasi dan angket respon siswa, kemudian dianalisis dengan menggunakan ANOVA dengan bantuan program aplikasi Analisis Statistik SPSS versi 20.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bawah: (1) Kemampuan pemahaman konsep kesebangunan siswa yang diajar dengan Penerapan Model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan kontekstual problem solving di kelas IX MTs Yapit Malakaji berada pada kategori tinggi dengan rata-rata mean 86,62 median 87,50 dan modus 85,00 dan simpangan baku 9,02. Serta terjadi peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa yang signifikan dari pre-test ke post-test, dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. (2) Kemampuan penalaran komunikasi kesebangunan siswa yang diajar dengan Penerapan Model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan kontekstual problem solving di kelas IX MTs Yapit Malakaji berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 79,91, median 78,57, modus 78,57 dan simpangan baku 8,13. Serta terjadi peningkatan kemampuan penalaran komunikasi siswa yang signifikan dari pre-test ke post-test, dengan tarafsignifikan 0,000 < 0,05. (3) Kemampuan pemecahan masalah kesebangunan siswa yang diajar dengan Penerapan Model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan kontekstual problem solving di kelas IX MTs Yapit Malakaji berada pada kategori sedang dengan rata-rata 82,72 median 81,25 dan modus 78,13 dan simpangan baku serta terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang signifikan dari pre-test ke post-test, dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. (4) Aktivitas siswa yang diajar dengan Penerapan Model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan kontekstual problem solving di kelas IX MTs Yapit Malakaji pada materi Kesebangunan sebesar 3,75 atau berada pada kategori sangat baik. (5) Respon ssiswa terhadap perangkat pembelajaran yang diajar dengan Penerapan Model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan kontekstual problem solving di kelas IX MTs Yapit Malakaji pada materi Kesebangunan sebesar 3,65 atau beradadalamkategoripositif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Mar 2018 01:45
Last Modified: 29 Mar 2018 01:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6285

Actions (login required)

View Item View Item