Pengaruh Penggunaan Media dalam Pembelajaran IPS terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres Macciniayo Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa

ABDULLAH, ABDULLAH (2017) Pengaruh Penggunaan Media dalam Pembelajaran IPS terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres Macciniayo Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
TESIS.docx

Download (401kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (i) mengetahu gambaran hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan menggunakan media power point, (ii) mengetahu gambaran hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan menggunakan media gambar, (iii) mengetahui perbedaan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Inpres Macciniayo Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa antara yang diajarkan dengan Media Power Point dan Media Gambar Jenis penelitian merupakan true eksperiment dengan rancangan Pre-Test Post-Test Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Macciniayo Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV yang berjumlah 61 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 50 siswa. 25 siswa Kelas IV A dan 25 siswa Kelas IV B. Penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan teknik simple random sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji normalitas dan homogenitas kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (i) rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media power point mengalami peningkatan nilai yaitu 80.80 dibandingkan sebelum diberikan perlakuan media power point yaitu 56.60; (ii) rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media gambar juga mengalami peningkatan nilai yaitu 73.00 dibandingkan sebelum diberikan perlakuan media gambar yaitu 57,20, (iii) terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Inpres Macciniayo Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa dimana siswa yang diajar dengan menggunakan media power point lebih baik dibandiningkan dengan menggunakan media gambar.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Mar 2018 01:43
Last Modified: 29 Mar 2018 01:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6284

Actions (login required)

View Item View Item