Deskripsi Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Materi Operasi Bilangan Bulat Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VII SMPN 1 Pinrang

Kalla, Muhammad Ikhsan (2017) Deskripsi Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Materi Operasi Bilangan Bulat Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VII SMPN 1 Pinrang. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I.docx

Download (30kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita matematika pada materi operasi bilangan bulat ditinjau dari kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMPN 1 Pinrang. Instrumen pada penelitian ini adalah tes kemampuan penalaran matematis, tes kemampuan soal cerita matematika, dan pedoman wawancara. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik tes dan wawancara. Pemeriksaan keabsahan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika: (1) Kemampuan memahami soal cerita matematika, subjek yang mampu menentukan hal-hal yang diketahui dan ditanyakan pada soal dengan tepat adalah subjek dengan kemampuan penalaran matematis tinggi dan sedang, sedangkan subjek kemampuan penalaran matematis rendah hanya mampu menentukan hal yang ditanyakan pada soal dengan tepat; (2) Kemampuan merencanakan penyelesaian soal cerita matematika, subjek yang mampu menentukan keterkaitan antara hal-hal yang diketahui untuk menemukan hal yang dibutuhkan dan membuat model matematika yang tepat sesuai masalah adalah subjek dengan kemampuan penalaran matematis tinggi dan sedang dengan subjek S1 dan S2, sedangkan subjek S3 dan S4 kurang dalam kemampuan merencanakan penyelesaian soal cerita matematika serta subjek dengan kemampuan penalaran matematis rendah tidak memiliki kemampuan merencanakan penyelesaian soal cerita matematika dengan tepat (3) Kemampuan melaksanakan penyelesaian soal cerita matematika, subjek yang mampu melakukan langkah-langkah rencana penyelesaian soal cerita matematika dengan tepat, terampil dalam melakukan operasi hitung, dan menemukan solusi yang tepat dari masalah adalah subjek dengan kemampuan penalaran matematis tinggi dan subjek S1 dan S2 penalaran matematis sedang, sedangkan subjek S3 dan S4 dengan kemampuan penalaran matematis sedang dan subjek kemampuan penalaran matematis rendah kurang dalam melakukan operasi bilangan bulat dan (4) Kemampuan memeriksa kembali dan interpretasi hasil, subjek yang mampu menginterpretasikan solusi dari permasalahan yang telah diperoleh dan memeriksa kembali langkah-langkah dan hasil perhitungan adalah subjek dengan kemampuan penalaran matematis tinggi dan subjek S1 dan S2 penalaran matematis sedang, sedangkan subjek S3 dan S4 dengan kemampuan penalaran matematis sedang dan subjek kemampuan penalaran matematis rendah kurang mampu melakukan interpretasi hasil yang telah diperoleh.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Mar 2018 00:53
Last Modified: 29 Mar 2018 00:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6275

Actions (login required)

View Item View Item