Pengaruh Konsep Diri, Motivasi Berprestasi, dan Gaya Belajar terhadap Disposisi Matematika dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri di Kota Makale

CRESLI, ERSI (2016) Pengaruh Konsep Diri, Motivasi Berprestasi, dan Gaya Belajar terhadap Disposisi Matematika dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri di Kota Makale. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
artikel.docx

Download (169kB)

Abstract

ABSTRAK Hasil belajar matematika yang tinggi menjadi tolak ukur bagi keberhasilan siswa dalam belajar matematika. Siswa membutuhkan sifat positif dan daya tarik agar mencapai hasil belajar matematika yang tinggi. Selain itu, siswa membutuhkan juga konsep diri, motivasi berprestasi, dan gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konsep diri, motivasi berprestasi, dan gaya belajar terhadap disposisi dan hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri di Kota Makale. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Makale. Adapun jumlah sampel yang terkumpul dengan menggunakan cluster proporsional random sampling sebanyak 171 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket konsep diri, angket motivasi berprestasi, angket gaya belajar, angket disposisi matematika, dan tes hasil belajar matematika. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sebagian besar siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Makale memiliki konsep diri, motivasi berprestasi, disposisi matematika, dan hasil belajar matematika berada pada kategori sedang, dan bergaya belajar visual; (2) Konsep diri berpengaruh positif terhadap disposisi matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Makale dengan konstribusi sebesar 28,9% dan tidak berpengaruh secara positif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Makale dengan konstribusi sebesar 2,5%. Motivasi berprestasi berpengaruh positif terhadap disposisi matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Makale dengan konstribusi sebesar 47,2% dan tidak berpengaruh secara positif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Makale dengan konstribusi sebesar 14,9%. Tidak ada pengaruh gaya belajar baik terhadap disposisi matematika maupun hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Makale. Konsep diri, motivasi berprestasi, dan gaya belajar secara bersama-sama menjelaskan sekitar 51% variasi disposisi matematika dan sekitar 2% variasi hasil belajar matematika. Setelah mengalami pengembangan pembahasan, konsep diri memberikan konstribusi 15% terhadap hasil belajar matematika melalui disposisi matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Mar 2018 00:45
Last Modified: 29 Mar 2018 00:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6272

Actions (login required)

View Item View Item