Penerapan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) pada Materi Permasalahan Tenaga Kerja Indonesia untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 6 Sinjai Selatan Kab.Sinjai.

ALI, RAHMAH (2016) Penerapan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) pada Materi Permasalahan Tenaga Kerja Indonesia untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 6 Sinjai Selatan Kab.Sinjai. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
TESIS.docx

Download (205kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan pembelajaran Number Head Together (NHT) pada materi permasalahan tenaga kerja Indonesia dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan pembelajaran Number Head Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII A SMP Negeri 6 Sinjai Selatan dengan jumlah siswa 27 orang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes, observasi. Teknik analisis data untuk data aktivitas siswa menggunakan rumus persentase sedangkan data hasil belajar dianalisis dengan statistik deskriptif yang meliputi: rata-rata, rentang/jangkauan, variasi, dan standar deviasi. Hasil penelitian menunjukkan (i) Terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 6 Sinjai Selatan terhadap penerapan model pembelajaran Number Head Together (NHT) Pada materi permasalahan Tenaga Kerja Indonesia, hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata aktivitas pra tindakan 33,33%, kemudian meningkat 69,44% pada siklus I dan 86,85% pada siklus II. (ii) terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 6 Sinjai Selatan terhadap penerapan model pembelajaran Number Head Together (NHT) Pada materi permasalahan Tenaga Kerja Indonesia, hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata pretest 13,81 meningkat 75,96 pada siklus I dan 84,56 pada siklus II. (iii) Hasil angket respons siswa sebanyak 82,01% siswa memberikan respon positif terhadap bentuk dan komponen pembelajaran yang diberikan oleh guru dan sebanyak 80,56% siswa memberikan respon positif terhadap proses pembelajaran yang disajikan oleh guru.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Mar 2018 00:37
Last Modified: 29 Mar 2018 00:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6271

Actions (login required)

View Item View Item