KRISSANTONO, KRISSANTONO (2017) 2017. Pengembangan Perangkat Penilaian Autentik pada Pembelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Alla. S1 thesis, Pascasarjana.
Text
Artikel Krissantono.docx Download (90kB) |
Abstract
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran proses pengembangan penilaian autentik pada pembelajaran fisika dan memperoleh rumusan penilaian autentik yang valid, praktis dan efektif. Metode penelitian menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D yang terbagi dalam empat tahapan yaitu: pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Penilaian autentik dikembangkan divalidasi oleh 2 orang ahli dengan hasil penilaian berada pada kategori valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi penilaian autentik adalah 3,50 yaitu berada pada kategori sangat valid. Sedangkan untuk kepraktisan di nilai dari keterlaksanaan penilaian autentik berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 1,97 dan memenuhi kriteria praktis. Dan untuk keefektivan dinilai dari tingkat keberhasilan dalam uji coba lapangan menunjukkan bahwa ketuntasan belajar peserta didik kelas XII SMA Negeri 1 Alla adalah 84,37%. Sedangkan respon peserta didik dan kemampuan pendidik mengelola pembelajaran berada pada kategori tinggi yaitu 3,89 telah memenuhi kriteria keefektifan. Demikian penilaian autentik yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 28 Mar 2018 08:23 |
Last Modified: | 28 Mar 2018 08:23 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6261 |
Actions (login required)
View Item |