Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X di SMK YPLP PGRI 1 Makassar

Damayanti, Nur Hikmah (2016) Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X di SMK YPLP PGRI 1 Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
11 BAB I.docx

Download (23kB)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai penggunaan fasilitas belajar, gambaran motivasi belajar siswa kelas X di SMK YPLP PGRI 1 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menunjukkan hubungan yang bersifat sebab akibat. Populasi adalah seluruh kelas X di SMK YPLP PGRI 1 Makassar yang berjumlah 116 siswa, dengan sampel berjumlah 30 siswa dengan teknik pengambilan sampel dilakukan secara Proportionate Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dengan menggunakan presentase, Rata-rata (mean), Standar deviasi dan untuk analisis statistik inferensial menggunakan uji normalitas data, interval data, analisis regresi linear sederhana, dan analisis korelasi product moment. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas belajar yang digunakan oleh guru dan siswa di SMK YPLP PGRI 1 Makassar tergolong dalam kategori sangat baik, ditinjau dari sarana belajar, dan prasarana belajar. Motivasi belajar siswa kalas X di SMK YPLP PGRI 1 Makassar tergolong dalam kategori tinggi, ditinjau dari adanya hasrat dan keinginan berhasil, adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, adanya harapan dan cita-cita masa depan, adanya penghargaan dalam belajar, adanya kegiatan yang menarik dalam belajar, dan adanya lingkungan belajar yang kondusif, sehingga memungkinkan seseorang siswa dapat belajar dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Mar 2018 08:19
Last Modified: 28 Mar 2018 08:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6257

Actions (login required)

View Item View Item