Pengaruh Model – Model Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 3 Sinjai Selatan

ISMAWATI, ISMAWATI (2016) Pengaruh Model – Model Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 3 Sinjai Selatan. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
1. BAB I (1-9).docx

Download (27kB)

ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) ada tidaknya perbedaan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dan inquiri; (2) ada tidaknya perbedaan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dan inquiri pada kategori motivasi berprestasi tinggi; (3) ada tidaknya perbedaan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dan inquiri pada kategori motivasi berprestasi rendah; dan (4) ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar fisika pada peserta didik SMA Negeri 3 sinjai Selatan. Desain penelitian yang digunakan adalah desain faktorial 2 x 2 ( ANAVA 2 x 2). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Sinjai Selatan yang terdiri dari 2 kelas yaitu XI IPA1 sebagai kelas kontrol dan XI IPA2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik masing – masing terdiri dari 29 orang. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis varian dua jalur yang dilanjutkan dengan Uji Tukey dengan menggunakan program IBM SPSS versi 20.0 for windows dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaaan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan model problem base learning dan peserta didik yang diajar dengan menggunakan model inquiri; (2) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar fisika antara kelompok peserta didik yang diajar dengan menggunakan model problem base learning dan menggunakan model inquiri, pada kelompok peserta didik XI IPA SMA Negeri 3 Sinjai Selatan yang memiliki motivasi berprestasi tinggi; (3) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar fisika antara kelompok peserta didik yang diajar dengan menggunakan model problem base learning dan menggunakan model inquiri, pada kelompok peserta didik XI IPA SMA Negeri 3 Sinjai Selatan yang memiliki motivasi berprestasi rendah; dan (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 3 Sinjai Selatan.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Mar 2018 08:06
Last Modified: 28 Mar 2018 08:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6252

Actions (login required)

View Item View Item