Efektivitas Penerapan Kerangka Experiences, Language, Pictures, Symbols and Application (ELPSA) Setting Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam Pembelajaran Matematika Materi Himpunan Pada Siswa Kelas VII SMPN 29 Bulukumba

RESKIAWAN, DWINTO (2016) Efektivitas Penerapan Kerangka Experiences, Language, Pictures, Symbols and Application (ELPSA) Setting Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam Pembelajaran Matematika Materi Himpunan Pada Siswa Kelas VII SMPN 29 Bulukumba. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (82kB)

Abstract

ABSTRAK Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penerapan Kerangka pembelajaran Experiences, Language, Pictures, Symbols and Application (ELPSA) Setting Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam pembelajaran matematika materi himpunan pada siswa kelas VII SMPN 29 Bulukumba. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 29 Bulukumba dan dipilih satu kelas secara simple random sampling sebagai kelas eksperimen yakni kelas VII A yang akan diberi perlakuan melalui pembelajaran Kerangka Experiences, Language, Pictures, Symbols and Application (ELPSA) Setting Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Data yang dikumpulkan terdiri atas data keterlaksanaan model pembelajaran, data aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, data respons siswa terhadap perangkat pembelajaran serta data hasil belajar matematika siswa yang terdiri dari nilai pretest dan nilai posttest. Data keterlaksanaan model pembelajaran, data aktivitas siswa serta data respons siswa dianalisis menggunakan analisis statistika deskriptif sedangkan data hasil belajar matematika siswa dianalisis menggunakan analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) Skor rata-rata Tingkat Keterlaksanaan Pembelajaran (TKP) berada pada kriteria terlaksana dengan “baik” (3,50<x ̅≤4,50 ) yaitu sebesar 3,71. (2) Skor rata-rata aktivitas siswa memenuhi kriteria “cukup aktif” (2,5-3,4) yaitu 2,87. (3) respon siswa berada pada kategori “positif” (3,50-4,0) yaitu 3,51. (4) Rata-rata hasil belajar siswa sebelum diberi perlakuan berada pada kategori “sangat rendah” (0 - 54) yaitu 31,73 dari skor ideal 100. Rata-rata hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan berada pada kategori “tinggi” (80 – 89) yaitu 81,68 dari skor ideal 100. Rata-rata peningkatan hasil belajar siswa (nilai gain) berada pada kategori “tinggi”(x ̅≥0,7) yaitu 0,73. Dari hasil analisis statistika inferensial terhadap hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan diperoleh P-Value < α (0,01<0,05) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima dimana rata-rata hasil belajar siswa lebih besar dari 74,9 (KKM), dan Rata-rata peningkatan hasil belajar siswa (nilai gain) diperoleh P-Value < α (0,01<0,05) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima dimana rata-rata peningkatan hasil belajar siswa (nilai gain) lebih besar 0,29. Berdasarkan hasil analisis tingkat keefektivan pembelajaran secara holistik disimpulkan bahwa penerapan Kerangka pembelajaran Experiences, Language, Pictures, Symbols and Application (ELPSA) Setting Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) cukup efektif diterapkan pada pembelajaran matematika materi himpunan pada siswa kelas VII SMPN 29 Bulukumba.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Mar 2018 07:59
Last Modified: 28 Mar 2018 07:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6250

Actions (login required)

View Item View Item