Peningkatan Hasil Belajar Sosiologi Melalui Model Pembelajaran Debat Pada Pokok Bahasan Penyimpangan Sosial Siswa SMA Negeri 1 Bungoru Kabupaten Pangkep

PADLI, HIJAR (2016) Peningkatan Hasil Belajar Sosiologi Melalui Model Pembelajaran Debat Pada Pokok Bahasan Penyimpangan Sosial Siswa SMA Negeri 1 Bungoru Kabupaten Pangkep. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
PENDAHULUAN.docx

Download (17kB)

Penelitian tentang peningkatan hasil belajar sosiologi dengan model pembelajaran debat bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan pemahaman siswa melalui penerapan model pembelajaran debat pada mata pelajaran sosiologi pokok bahasan penyimpangan sosial siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Bungoro Kabupaten Pangkep. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang di lakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Bungoro sebanyak 32 siswa yang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 19 orang siswa perempuan pada tahun ajaran 2015/2016 semester genap pada mata pelajaran sosiologi pokok bahasan penyimpangan sosial. Pengumpulan data di lakukan dengan tes tertulis, non-tertulis, observasi dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan melalui teknik persentase hasil belajar siswa sebagai salah satu indikator untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil tes siklus I rata-rata nilai yang di peroleh siswa 77,37 dengan nilai ketuntasan hasil 37,5%, karena belum mencapai ketuntasan hasil belajar yang di tetapkan sebesar 80% maka di lanjutkan pada siklus II. Hasil tes siklus II menunjukkan rata-rata nilai yang di peroleh siswa 91 dengan nilai ketuntasan klasikal mencapai 100%. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa penelitiaan tindakan kelas dengan penerapan model pembelajaran debat mampu meningkatkan hasil belajar sosiologi pada pokok bahasan penyimpangan sosial siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Bungoro Kabupaten Pangkep.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Sosiologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Mar 2018 07:53
Last Modified: 28 Mar 2018 07:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6247

Actions (login required)

View Item View Item