Strategi Pembelajaran Solfegio di Kelas A/B Program Studi Pendidikan Sendratasik Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar.

Mahardika, Mufti (2015) Strategi Pembelajaran Solfegio di Kelas A/B Program Studi Pendidikan Sendratasik Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Diploma thesis, FSD.

[img] Text
10. skripsi Mufti.doc

Download (888kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Bagaimana strategi pembelajaran mahasiswa terhadap Solfegio dalam kemampuan bernyanyi dalam mata kuliah Solfegio di fakultas Seni Dan Desain. 2) Faktor-faktor apa yang menjadi penunjang dan penghambat dalam peningkatan kemampuan bernyanyi di Fakultas Seni Dan Desain. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data penelitian ini adalah Sekelompok mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Solfegio di kelas. Teknik penelitian yang digunakan adalah studi pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh data tentang: 1) Bagaimana strategi pembelajaran dalam mata kuliah Solfegio di fakultas seni dan desain yaitu Solfegio terhadap mahasiswa fakultas seni dan desain khususnya kelas A/B sangat besar pengaruhnya terhadap peningkatan kemampuan bernyanyi, setelah angket yang diberikan terhadap mahasiswa telah diisi dan jawaban yang diberikan 77,2% sangat berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan bernyanyi. 2) faktor penghambat dan pendukung dalam pengajaran Solfegio yaitu Faktor pendukung: a) Menambahnya pengetahuan musik utamanya dalam bidang Solfegio terhadap mahasiswa di Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar, b) Sebagai salah satu dasar pendalaman musik, c) Cukup tingginya antusias minat Mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan, d) Pengetahuan dasar untuk teori musik yang dimiliki oleh mahasiswa menjadi lebih baik dalam mempelajari dan mengetahui mata kuliah Solfegio. Faktor penghambat yaitu kurangnya pemahaman dasar dalam teori musik terhadap mahasiswa, tempat pengajaran yang tidak memadai, masalah waktu, jumlah mahasiswa terlalu lebih dalam mengajarkan solfegio, efektif maksimal 10 sampai 15 orang menerima perkuliahan mata kuliah Solfegio, 3) Minat adalah salah satu faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam belajar mata kuliah Solfegio. Mahasiswa yang tidak mempunyai bakat musik tetapi mempunyai minat dalam bernyanyi yang besar untuk bidang vokal dapat mengikuti pembelajaran Solfegio ini dengan sungguh-sungguh, agar kepekaan mendengarkan sebuah lagu dapat di aplikasikan dengan teknik vokal. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Solfegio, bernyanyi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Mar 2018 07:44
Last Modified: 28 Mar 2018 07:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6244

Actions (login required)

View Item View Item