Pandangan Guru SMA Pondok Pesantren Modern Putri IMMIM Minasa Te’ne Pangkep Tentang Bidang Studi Seni Budaya Materi Pembelajaran Seni Rupa

Idris, Muhammad Ibrahim (2017) Pandangan Guru SMA Pondok Pesantren Modern Putri IMMIM Minasa Te’ne Pangkep Tentang Bidang Studi Seni Budaya Materi Pembelajaran Seni Rupa. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB 1___1-6.doc

Download (60kB)

Abstract

ABSTRAK Dalam peraturan pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan dalam pasal 6 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum, mata pelajaran seni budaya tercakup dalam kelompok mata pelajaran estetika. Dalam UU Sikdiknas Nomor 20 Tahun 2003 pasal 37 ayat 1 juga disebutkan bahwa kurikulum pendidikan dasar dan menengah wajib memuat : (g) seni dan budaya. Berdasarkan peraturan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa bidang studi Seni budaya adalah bidang studi yang sama pentingnya dengan bidang studi lain. Namun demikian, bebrapa tempat penyelenggara pendidikan seperti sekolah terlihat acuh dalam memberikan layanan pendidikan bidang studi seni budaya. Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i) Bagaimanakah pandangan guru-guru dan kepala sekolah SMA Pondok Pesantren Modern Putri IMMIM Minasa Te’ne Pangkep terhadap bidang studi seni budaya (seni rupa). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pandangan guru-guru dan kepala sekolah SMA Pondok Pesantren Modern Putri IMMIM Minasa Te’ne Pangkep tentang pentingnya bidang studi seni budaya (seni rupa)?. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan gambaran yang jelas dan mendetail tentang seperti apa pandangan guru SMA Pondok Pesantren Modern Putri IMMIM Minasa Te’ne Pangkep tentang bidang studi Seni Budaya (Seni Rupa) sekaligus menjawab pertanyaan mengapa tenaga pendidik yang mengampu Bidang Studi ini terbilang sangat minim. Berdasarkan tema yang diangkat dalam penelitian ini, serta melihat latar belakang dan rumusan masalah yang ada, maka dalam mengungkap masalah yang ada jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian jenis deskriptif (Descriptive Research), yaitu penelitian yang menggambarkan atau melukiskan situasi tertentu berdasarkan data yang diperoleh secara terperinci sesuai permasalahan yang ditetapkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) 100 % guru dan kepala sekolah SMA Pesantren Modern Putri Immim minasa te’ne pangkep menganggap bahwa bidang studi seni budaya sangat penting untuk diajarkan pada peserta didik (ii) 95% guru SMA Pondok Pesantren Modern Putri IMMIM Minasa Te’ne Pangkep menyatakan penyebab ketidakmaksimalan layanan pendidikan bidang studi seni budaya adalah karena sulitnya menemukan tenaga pengajar bidang studi seni budaya yang berkompeten (iii) 94% guru SMA Pondok Pesantren Modern Putri IMMIM Minasa Te’ne Pangkep menyatakan materi pembelajaran bidang studi seni budaya harus ditinjau kembali jika ingin diajarkan pada peserta didik pesantren karena guru-guru beranggapan bahwa ada beberapa materi dalam pembahasan Seni Rupa yang tidak boleh diajarkan pada peserta didik pesantren (iv) 61% guru SMA Pondok Pesantren Modern Putri IMMIM Minasa Te’ne Pangkep menyatakan tidak setuju dengan anggapan bidang studi seni budaya hanya berbicara tentang menggambar, menyanyi, menari dan berlakon sehingga tidak perlu orang khusus untuk mengajarkan bidang studi tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN SENI RUPA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Mar 2018 07:35
Last Modified: 28 Mar 2018 07:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6239

Actions (login required)

View Item View Item