Profil Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Pad SMP Negeri 2 Lembang

SALEH, MUHAMMAD (2017) Profil Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Pad SMP Negeri 2 Lembang. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
2 BAB I.docx

Download (629kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif dan kualitatif yang bertujuan menggambarkan profil berpikir kreatif siswa dalam memecahan masalah sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari kecerdasan Emosional. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama yang dipandu dengan angket kecerdasan emosional, tes pemecahan masalah SPLDV, dan pedoman wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.1 dan VIII.2 SMP Negeri 2 Lembang yang terdiri dari 2 orang siswa dengan kecerdasan emosional tinggi (ET) dan 2 orang siswa dengan kecerdasan emosional rendah (ER). Pengumpulan data dilakukan dengan cara analisis tugas dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: 1) ET memenuhi indikator berpikir kreatif pada aspek kefasihan dan fleksibilitas, namun tidak memenuhi aspek kebaharuan. (a) kefasihan; menemukan paling sedikit 5 jawaban benar dalam batasan waktu 10 menit, (b) flesibilitas; menggunakan lebih dari 1 konsep untuk menemukan jawaban, (c) kebaharuan; jawaban yang diberikan masih tergolong lazim untuk siswa pada tingkat pendidikan yang sama. 2) ER memenuhi indikator berpikir kreatif pada aspek kefasihan dan fleksibilitas, namun tidak memenuhi aspek kebaharuan. (a) kefasihan; menemukan kurang dari 5 jawaban benar dalam batasan waktu 10 menit, (b) flesibilitas; menggunakan lebih dari 1 konsep untuk menemukan jawaban, (c) kebaharuan; jawaban yang diberikan masih tergolong lazim untuk siswa pada tingkat pendidikan yang sama.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Mar 2018 07:28
Last Modified: 28 Mar 2018 07:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6237

Actions (login required)

View Item View Item