Hubungan Antara Gaya Belajar, Motivasi, dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa SMP Negeri 6 Makassar

KARTINA,, KARTINA, (2017) Hubungan Antara Gaya Belajar, Motivasi, dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa SMP Negeri 6 Makassar. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL KARTINA.docx

Download (33kB)

ABSTRAK Hasil belajar Biologi yang diperoleh siswa dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya yaitu faktor internal, diantaranya gaya belajar, motivasi, dan kemandirian belajar. Faktor internal tersebut merupakan faktor psikologis siswa yang sangat perlu mendapatkan perhatian oleh guru. Aspek tersebut merupakan hal yang menjadi karakteristik siswa, sehingga siswa satu dengan yang lain akan memiliki kondisi berbeda. Karakteristik tersebut berbeda salah satunya karena dipengaruhi oleh kebiasaan siswa di sekolah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk (i) mendeskripsikan gaya belajar; (ii) mendeskripsikan motivasi; (iii) mendeskripsikan kemandirian belajar; (iv) mendeskripsikan hasil belajar Biologi (v) mengetahui hubungan gaya belajar dengan hasil belajar Biologi; (vi) mengetahui hubungan motivasi dengan hasil belajar Biologi; (vii) mengetahui hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar Biologi; dan (viii) mengetahui hubungan gaya belajar, motivasi, dan kemandirian belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar Biologi siswa SMP Negeri 6 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa SMP Negeri 6 Makassar pada Tahun Pelajaran 2016-2017 sejumlah 1017 siswa. Sampel penelitian sejumlah 288 siswa dengan menggunakan stratified random sampling. Teknik pengumpulan data adalah dengan kuesioner dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar, motivasi dan kemandirian belajar siswa SMP Negeri 6 Makassar berada pada kategori tinggi. Hasil belajar Biologi berada pada kategori tinggi. Gaya belajar dengan hasil belajar Biologi memiliki koefisien korelasi sebesar 0,985 dan dapat dikatakan memiliki hubungan positif dan sangat kuat secara signifikan. Motivasi dengan hasil belajar Biologi memiliki koefisien korelasi sebesar 0,984 dan dapat dikatakan memiliki hubungan positif dan sangat kuat secara signifikan. Kemandirian belajar dengan hasil belajar Biologi memiliki koefisien korelasi sebesar 0,991 dan dapat dikatakan memiliki hubungan positif dan sangat kuat secara signifikan. Secara bersama-sama gaya belajar, motivasi, dan kemandirian belajar dengan hasil belajar Biologi memiliki koefisien korelasi sebesar 0,991 dan dapat dikatakan memiliki hubungan positif dan sangat kuat secara signifikan.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Mar 2018 06:51
Last Modified: 28 Mar 2018 06:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6227

Actions (login required)

View Item View Item