Pengembangan Modul Pembelajaran Berkreasi Dengan Clay Bagi Siswa Kelas X MIPA SMAN 1 Barru Kabupaten Barru

IRMAYANTI, NUR SITI (2017) Pengembangan Modul Pembelajaran Berkreasi Dengan Clay Bagi Siswa Kelas X MIPA SMAN 1 Barru Kabupaten Barru. S2 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (376kB) | Preview

ABSTRAK Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran berkreasi dengan clay yang valid dan praktis untuk siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Barru Kabupaten Barru. Untuk mengetahui tingkat kevalidan, dan kepraktisan modul maka dilakukan penilaian oleh validator terhadap modul pembelajaran berkreasi dengan clay. Tingkat kevalidan modul dinilai berdasarkan penilaian dari validator yaitu ahli materi dan ahli media. Untuk mengetahui tingkat kepraktisan dan keefektifan modul dinilai berdasarkan penilaian dari guru dan siswa sebagai pengguna modul berkreasi dengan clay. Prosedur pengembangan yang digunakan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall. Prosedur ini terdiri dari 10 tahap, namun karena keterbatasan waktu dan biaya, maka disederhanakan menjadi 8 tahap yang meliputi (1) pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan draft modul, (4) validasi ahli dan uji praktisi, (5) uji coba satu-satu, (6) revisi uji coba satu-satu, (7) uji coba kelompok kecil, dan (8) revisi uji coba kelompok kecil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran berkreasi dengan clay telah memenuhi kriteria sangat baik. Penilaian tingkat kelayakan modul pembelajaran berkreasi dengan clay secara keseluruhan diperoleh hasil yang valid. Penilaian terhadap tingkat kevalidan modul oleh ahli materi dengan nilai rata-rata sebesar 4,36 menunjukkan kriteria sangat baik dan ahli media dengan nilai rata-rata sebesar 4,16 menunjukkan kategori baik. Penilaian terhadap tingkat kepraktisan modul oleh praktisi (guru mata pelajaran) dengan penilaian tahap pertama dengan nilai rata-rata 4,61, tahap uji coba satu-satu dengan nilai rata-rata 4,72 dan tahap uji coba kelompok kecil dengan nilai rata-rata 4,66 sudah menunjukkan kriteria sangat baik. Begitu pula dengan penilaian siswa juga menunjukkan kriteria sangat baik dilihat dari tahap uji coba satu-satu dengan nilai rata-rata 4,69 dan tahap uji coba kelompok kecil dengan nilai rata-rata 4,76. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil uji coba terhadap modul pembelajaran berkreasi dengan clay sudah layak untuk digunakan oleh guru sebagai pegangan dalam mengajar maupun bagi siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Barru sebagai media pembelajaran mata pelajaran Seni Budaya khususnya seni rupa. Namun, terdapat kekurangan dalam penelitian dan pengembangan ini yaitu peneliti tidak meneliti pengaruh modul pembelajaran berkreasi dengan clay terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN SENI RUPA - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Mar 2018 06:04
Last Modified: 28 Mar 2018 06:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6214

Actions (login required)

View Item View Item