elayanan Terpadu Satu Pintu Dalam Perspektif New Public Service. (Studi Kasus Pelayanan Izin Usaha Perikanan Pada Kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah Provinsi Sulawesi Selatan)

Soebarini, Siti Zaleha (2017) elayanan Terpadu Satu Pintu Dalam Perspektif New Public Service. (Studi Kasus Pelayanan Izin Usaha Perikanan Pada Kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah Provinsi Sulawesi Selatan). S3 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I.doc

Download (212kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis penerapan New Public Service pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu dalam penerbitan Izin Usaha Perikanan di kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. (2) Menganalisis dan mengidentifikasi faktor-faktor determinan dalam proses penerapan New Public Service pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu dalam penerbitan Izin Usaha Perikanan di kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. (3) Menemukan dan mendeskripsikan prototipe model Pelayanan Terpadu Satu Pintu dalam penerbitan Izin Usaha Perikanan di kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Jenis penelitian menggunakan metoda kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan pengumpulan dokumen. Data dianalisis melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan New Public Service pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu dalam penerbitan Izin Usaha Perikanan di kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah Provinsi Sulawesi Selatan secara umum telah terimplementasi namun ada satu prinsip belum sepenuhnya berjalan efektif yaitu prinsip kewarganegaraan lebih berharaga daripada kewirausahaan. Disini masyarakat belum dilibatkan dalam proses pelayanan. Keterlibatan masyarakat pada proses pemerintahan penting ketimbang pemerintah yang digerakkan oleh semangat wirausaha, Sehingga masyarakat dapat lebih berkontribusi dalam proses pelayanan. (2) Faktor determinan yang berpengaruh dalam proses Pelayanan Terpadu Satu Pintu, adalah: a) Kualitas Pelayanan, meliputi: tangible, reliability, empathy, responsiveness, dan assurance; b) Atribut Layanan, meliputi: sarana dan prasarana, informasi pelayanan; dan Waktu pelayanan (3) Prototipe model “Realitas PTSP”, merupakan model Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang dapat diterapkan dengan menggabungkan New Public Service dan Standar Operasioanl Prosedur yang didukung oleh keterlibatan masyarakat dan birokrat serta pelaksanaan tanggung jawab pada penerapan dimensi akuntabilitas, dimensi obligasi dan dimensi cause

Item Type: Thesis (S3)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Mar 2018 05:56
Last Modified: 28 Mar 2018 05:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6210

Actions (login required)

View Item View Item