Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Konsep Diri Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bajeng

ISMAIl, ISMAIl (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Konsep Diri Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bajeng. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
BAB I.docx

Download (26kB)

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui (1) apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa, (2) apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari konsep diri siswa kategori tinggi, sedang dan rendah. (3) apakah ada pengaruh interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan konsep diri siswa terhadap hasil belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bajeng pada semester genap Tahun Ajaran 2016/2017 dan dipilih 2 kelas secara cluster random samplingsebagai sampel, satu kelas sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan satu kelas sebagai kelas kontrol dengan menerapkan model pembelajaran langsung. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain faktorial 2x3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa, (2) bagi siswa yang memiliki konsep diri dengan kategori tinggi dan sedang, ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa, (3) bagi siswa yang memiliki konsep diri dengan kategori rendah, tidak ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa, (4) ada pengaruh interaksi model pembelajaran dan konsep diri siswa terhadap hasil belajar matematika siswa. Kata Kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Model Pembelajaran Langsung,Konsep Diri,Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Mar 2018 05:49
Last Modified: 28 Mar 2018 05:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6208

Actions (login required)

View Item View Item