Pengaruh Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) terhadap motivasi belajar IPA Siswa SDN 39 Cakke Kec. Anggeraja Kabupaten Enrekang

Sapar, Sapar (2017) Pengaruh Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) terhadap motivasi belajar IPA Siswa SDN 39 Cakke Kec. Anggeraja Kabupaten Enrekang. S2 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
PENGARUH PENGGUNAAN PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA SDN 39 CAKKE KEC. ANGGERAJA KAB. ENREKANG.pdf

Download (1MB) | Preview

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) memperoleh gambaran penggunaan Pembelajaran Aktif, Kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) (2) memperoleh gambaran motivasi belajar IPA siswa (3) memperoleh gambaran pengaruh Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) terhadap motivasi belajar IPA siswa SDN 39 Cakke Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperiment dengan melibatkan satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol dengan desain nonequivalent control group design. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu motivasi belajar IPA siswa dan variabel bebasnya adalah penggunaan Pembelajaran Aktif, Kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM). Populasi Penelitian adalah seluruh siswa kelas SDN 39 Cakke Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang yang berjumlah 309 siswa. Dari 309 siswa tersebar di 11 kelas mulai dari kelas 1 sampai kelas 6, sedangkan sampel penelitian adalah kelas V SDN 39 Cakke terdiri dari 51 orang siswa, dimana Kelas V terdiri dari 2 kelas yaitu VA dengan jumlah siswa 25 orang dan VB terdiri dari 26 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan angket sejumlah 21 pernyataan. Secara keseluruhan pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) berada pada kategori baik. Pelaksanaan pembelajaran dengan penggunaan pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) berpengaruh lebih baik untuk meningkatkan motivasi belajar IPA siswa dari pada kelas kontrol yang tidak melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media powerpoint padu musik. Berdasarkan hasil perhitungan uji perbedaan dua rata-rata (Uji-t) dapat diketahui bahwa nilai hasil pengujian hipotesis yang disajikan bahwa secara keseluruhan bahwa thitung= 5,138. Hasil output uji hipotesis diperoleh thitung = 5, 138 > dari pada ttabel= 2,02439 pada taraf signifikan α = 0,05, dengan demikian H0 ditolak dan hipotesis alternatif H1 diterima yang berarti ada perbedaan motivasi belajar IPA siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) terhadap motivasi belajar IPA Siswa SDN 39 Cakke Kec. Anggeraja Kabupaten Enrekang.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > Pendidikan Dasar s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Mar 2018 05:37
Last Modified: 28 Mar 2018 05:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6201

Actions (login required)

View Item View Item