Peran Guru Sosiologi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Liukang Tupabbiring Kabupaten Pangkep

MAKMUR, MAKMUR (2016) Peran Guru Sosiologi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Liukang Tupabbiring Kabupaten Pangkep. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
PENDAHULUAN.docx

Download (19kB)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Peran guru sosiologi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Liukang Tupabbiring. 2) Faktor-faktor yang mendorong dan menghambat motivasi belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Liukang Tupabbiring. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam peneltian ini adalah guru dan siswa SMA Negeri 1 Liukang Tupabbiring. Jumlah informan terdiri dari 8 informan dengan penentuan informan melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penilitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan mereduksi data, mendisiplaykan data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data yaitu member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peran guru sosiologi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah guru sebagai demonstrator, guru sebagai pengelola kelas, guru sebagai evaluator, guru sebagai motivator. Namun, peran guru sebagai mediator, dan guru sebagai fasilitator sudah diaplikasikan dalam proses pembelajaran akan tetapi belum maksimal. 2) Faktor-faktor yang mendorong motivasi belajar siswa, yaitu kemampun guru dalam mengajar, pemberian pujian atau hadiah kepada siswa yang beprestasi dan penggunaan metode mengajar yang bervariasi. Sedangkan faktor-faktor yang menghambat motivasi belajar siswa itu, adalah sarana dan prasarana sekolah tidak memadai seperti meja dan kursi masih kurang, pengaruh teman sebaya, dan media pembelajaran power point belum diaplikasikan dalam proses belajar mengajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Sosiologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Mar 2018 05:34
Last Modified: 28 Mar 2018 05:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/6200

Actions (login required)

View Item View Item