Peningkatan Minat Belajar Sejarah Menggunakan Metode Role Playing Pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Malili Dengan Pokok Materi Merekomendasikan Perkembangan Masyarakat Indonesia Sejak Proklamasi Hingga Demokrasi Terpimpin.

Dewi Inda, Febrianti, (2014) Peningkatan Minat Belajar Sejarah Menggunakan Metode Role Playing Pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Malili Dengan Pokok Materi Merekomendasikan Perkembangan Masyarakat Indonesia Sejak Proklamasi Hingga Demokrasi Terpimpin. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Dewi Inda Febrianti,.docx

Download (17kB)

ABSTRAK Dewi Inda Febrianti, 2014. Peningkatan Minat Belajar Sejarah Menggunakan Metode Role Playing Pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Malili Dengan Pokok Materi Merekomendasikan Perkembangan Masyarakat Indonesia Sejak Proklamasi Hingga Demokrasi Terpimpin. Skripsi, Strata Satu Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh H. Mustari Bosra dan Patahuddin. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mencakup perencenaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), observasi, dan refleksi (reflection), yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Malili. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Malili Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 28 orang yang terdiri 6 orang laki-laki dan 22 orang perpempuan yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, angket minat belajar yang dilaksanakan setiap akhir siklus, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengindikasikan adanya peningkatan minat belajar siswa. Secara kuantitatif peningkatan ini terlihat dari hasil angket minat belajar Sejarah siswa pada siklus I yaitu 71,57% dan kemudian meningkat menjadi 80,57% pada siklus II dengan presentase peningkatan minat belajar Sejarah sebesar 9,00 %. Secara kualitatif terjadi perubahan keaktifan terhadap siswa selama pelaksanaan berlansung yang dapat dilihat dari lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui metode pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Malili.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:50
Last Modified: 25 Apr 2016 06:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/62

Actions (login required)

View Item View Item